7 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menonton film. Film tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu kita memperkaya kosakata, mendengarkan pengucapan, dan memahami budaya. Namun, tidak semua film cocok untuk belajar bahasa Inggris, terutama bagi pemula. Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan, seperti genre, aksen, kecepatan bicara, dan tingkat kesulitan bahasa. Berikut ini adalah 7 rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang bisa Anda tonton untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula.

Baca Juga: 6 Film Romantis yang Bisa Kamu Tonton Weekend Ini

7 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

1. The Lion King (1994)

Film animasi klasik ini bercerita tentang petualangan Simba, seekor singa muda yang harus menghadapi paman jahatnya untuk merebut kembali tahta kerajaan. Film ini memiliki dialog yang mudah dipahami dan diikuti, serta lagu-lagu yang menyenangkan dan mengandung banyak kosakata baru. Anda juga bisa belajar tentang nilai-nilai kehidupan, seperti persahabatan, keberanian, dan tanggung jawab.

2. Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001)

Film pertama dari seri Harry Potter yang mengenalkan kita kepada dunia sihir penuh dengan keajaiban dan petualangan. Anda bisa belajar banyak kosakata terkait dengan sihir, seperti wand (tongkat sihir), spell (mantra), potion (ramuan), dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan aksen British yang jelas dan elegan dari para aktor dan aktrisnya.

3. Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris, Finding Nemo (2003)

Finding Nemo merupakan film animasi yang mengisahkan tentang perjalanan Marlin, seekor ikan badut yang mencari anaknya yang hilang, Nemo. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan banyak teman baru, seperti Dory, seekor ikan biru yang pelupa, Crush, seekor penyu yang keren, dan Bruce, seekor hiu yang vegetarian. Film ini memiliki dialog yang lucu dan menggemaskan, serta aksen Australian yang unik dan menarik.

Baca Juga: 5 Film Tontonan Keluarga saat Libur Akhir Tahun

4. The Hunger Games (2012)

Siapa yang tak mengenal film The Hunger Games? Diadaptasi dari novel bestseller dengan judul yang sama, film ini bercerita tentang Katniss Everdeen, seorang gadis yang harus berpartisipasi dalam sebuah pertandingan mematikan yang diselenggarakan oleh pemerintah tiran. Film ini memiliki genre dystopian (fiksi ilmiah tentang dunia masa depan yang suram), yang bisa membantu Anda belajar banyak kosakata terkait dengan teknologi, politik, dan masyarakat.

5. The King’s Speech (2010)

The King’s Speech adalah film biografi yang mengisahkan tentang Raja George VI dari Inggris, saat mengalami masalah gugup dan gagap saat berbicara di depan umum. Ia kemudian dibantu oleh seorang terapis bicara bernama Lionel Logue, yang menggunakan metode-metode unik dan tidak konvensional untuk melatihnya. Film ini memiliki dialog yang mendalam dan berkelas, serta aksen British yang beragam dan otentik.

6. Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris, The Avengers (2012)

Film superhero ini mengumpulkan beberapa karakter ikonik dari Marvel Comics, seperti Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow, dan Hawkeye. Mereka harus bekerja sama untuk menghentikan rencana jahat Loki, dewa kejahatan dari Asgard. Film ini memiliki dialog yang seru dan dinamis, serta aksen American yang modern dan populer.

7. The Fault in Our Stars (2014)

Film yang didaulat sebagai salah satu film paling romantis ini diadaptasi dari novel bestseller dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang Hazel Grace Lancaster dan Augustus Waters, dua remaja yang menderita penyakit kanker.

Mereka jatuh cinta saat bertemu di sebuah kelompok pendukung dan memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama sebanyak mungkin. Film ini memiliki dialog yang manis dan menyentuh, serta aksen American yang lembut dan santai.

Itulah tujuh rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula. Anda bisa memilih film sesuai dengan minat dan selera Anda, atau menonton semuanya jika Anda mau. Yang penting adalah Anda harus aktif dalam belajar, yaitu dengan mencatat kosakata baru, mengulangi dialog, dan menirukan aksen. Selamat menonton dan belajar!

Referensi:

30 English Movies to Teach You How the Language Works

https://www.kanan.co/blog/best-movies-to-learn-english/