8 Aktivitas untuk Ngabuburit Bareng Keluarga

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa yang direncanakan jatuh pada tanggal 10 Maret 2024 mendatang. Selama sebulan penuh, umat muslim menahan diri untuk tidak minum, makan, hingga waktu berbuka puasa tiba. Agar ibadah puasa jadi lebih semangat, berikut beberapa aktivitas untuk ngabuburit bareng keluarga sambil menunggu berbuka puasa.

Aktivitas untuk Ngabuburit Bareng Keluarga

1. Olahraga Ringan Bersama

Puasa bukan berarti tidak bisa tetap aktif. Ajaklah keluarga Anda untuk melakukan olahraga ringan sekitar 15-20 menit sebelum berbuka puasa. Pertimbangkan aktivitas berdampak rendah seperti peregangan tubuh, yoga, atau jalan-jalan santai di taman atau di sekitar lingkungan Anda.

2. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah memang menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Luangkan waktu untuk membereskan, mungkin seminggu sekali di akhir pekan. Anda juga bisa mendekorasi rumah Anda dengan dekorasi Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga Anda tidak perlu melakukan perombakan total menjelang perayaan.

3. Masak Bersama

Bosan dengan hidangan berbuka yang itu-itu saja? Sesekali masaklah menu spesial bersama keluarga sambil bersantai saat ngabuburit. Biar makin seru, pilihlah tema menunya, misalnya masakan Indonesia, Timur Tengah, Korea, atau lainnya. Atur meja makan yang indah atau bahkan piknik meriah di halaman rumah Anda.

Baca Juga: Apa Bedanya Tahun Baru Islam dan Tahun Baru Masehi?

4. Games Bareng Keluarga

Menjelang buka puasa, terkadang tubuh kita terasa lelah dan lesu. Game bisa membangkitkan semangat semua orang dan membuat puasa terasa lebih singkat. Pilih game multipemain seperti Uno, Ludo, atau Ular Tangga. Jika ada anak-anak yang terlibat, pastikan permainan yang dipilih memiliki grafis yang aman dan tidak berkonotasi negatif.

5. Nonton Film

Menonton film atau serial TV favorit secara berlebihan adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Pilihlah film ramah keluarga selama Ramadhan yang dapat dinikmati bersama oleh semua orang. Atur ruang tamu Anda seperti bioskop mini untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.6. Membaca Al-Quran

Ngabuburit adalah kesempatan yang sangat baik untuk membaca atau mengaji bersama. Ini adalah aktivitas spiritual yang tak hanya bisa meraih banyak pahala namun juga kebersamaan keluarga semakin erat.

Baca Juga: Tetap Bugar Selama Ramadan, Ini 5 Tips Mencegah Flu Saat Puasa!

6. Aktivitas untuk Ngabuburit Bareng Keluarga, Bermain Puzzles atau Permainan Teka-Teki

Lakukan aktivitas yang mengasah otak seperti puzzle, teka-teki silang. Ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga membuat pikiran Anda tetap aktif. Selain itu, main puzzle, uno atau teka-teki bersama bisa jadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu menunggu adzan magrib tiba.

7. Mendengarkan Ceramah Agama

Gunakan waktu ini untuk mendengarkan ceramah atau khotbah keagamaan. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan dan memperkuat iman Anda. Terlebih, mendengarkan ceramah agama bisa menambah ladang pahala selama berpuasa sekaligus menebar kebaikan di dalam keluarga.

8. Menghafal Ayat-Ayat Al-Quran

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih menantang, pertimbangkan untuk menghafal ayat-ayat Al-Quran bersama keluarga. Ini adalah pengalaman yang berharga. Kapan lagi bisa membaca dan menghafalkan Al-Quran bersama selain di waktu bulan Ramadhan?

Itulah 8 aktivitas ngabuburit bareng keluarga yang bisa Anda coba di rumah. Ingatlah untuk menghargai momen ini bersama orang yang Anda cintai dan perkuat ikatan keluarga Anda di waktu spesial ini! Teguhkan hati dan niat untuk mendapatkan pahala selama bulan puasa. Lakukan dengan ikhlas, tulus dan penuh semangat. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Referensi: