Apa Itu Multitasking, Kelebihan dan Kekurangannya?

Multitasking sering dianggap sebagai keterampilan yang berguna dan diharapkan dalam dunia kerja modern, tetapi apakah multitasking benar-benar efektif dan bermanfaat? Berikut penjelasan tentang apa itu multitasking, kelebihan dan kekurangannya. 

Apa Itu Multitasking?

Multitasking adalah kemampuan untuk melakukan ragam tugas di waktu bersamaan. Multitasking sering dianggap sebagai keterampilan yang berguna dan dihargai di dunia kerja modern, karena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Namun, multitasking juga memiliki beberapa kekurangan  dan kelebihan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan Multitasking

 

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Dengan multitasking, kita dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan tuntutan yang muncul di tempat kerja. Kita dapat beralih dari satu tugas ke tugas lain dengan cepat dan mudah, tanpa merasa kewalahan atau bingung.

2. Menghemat Waktu 

Multitasking memudahkan Anda untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Anda dapat memanfaatkan waktu luang atau jeda untuk mengerjakan tugas lain yang lebih ringan atau mendesak. Kita juga dapat mengurangi waktu tunggu atau antrean dengan melakukan tugas lain sambil menunggu proses atau hasil dari tugas utama.

3. Meningkatkan Kreativitas

Multitasking juga dapat merangsang otak kita untuk berpikir di luar kotak dan mencari solusi yang inovatif dan efektif. Kita dapat menggabungkan ide-ide dari berbagai sumber dan bidang yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menarik. Kita juga dapat menghindari kebosanan atau stagnasi dengan melakukan variasi tugas yang menantang dan menyenangkan.

4. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Anda apat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi kita dengan orang lain. Kita dapat berbagi informasi, sumber daya, dan tanggung jawab dengan anggota tim atau rekan kerja yang terlibat dalam tugas yang sama atau berbeda. Kita juga dapat membangun hubungan yang baik dan harmonis dengan atasan, klien, atau pelanggan dengan menunjukkan kinerja yang baik dan responsif.

Baca Juga: 5 Cara Tingkatkan Produktivitas saat Bekerja

Kekurangan Multitasking

1. Menurunkan Kualitas Kerja

Salah satu kelemahan multitasking adalah menurunkan kualitas kerja kita. Ketika kita berpindah-pindah antara berbagai tugas, kita tidak bisa fokus sepenuhnya pada salah satunya. Akibatnya, kita cenderung membuat lebih banyak kesalahan, melewatkan detail penting, atau mengabaikan prioritas. Selain itu, multitasking juga menghabiskan lebih banyak waktu karena kita harus menyesuaikan diri dengan setiap perubahan tugas.

2. Meningkatkan Stres

Kelemahan multitasking lainnya adalah meningkatkan stres kita. Ketika kita melakukan multitasking, otak kita harus bekerja lebih keras untuk memproses informasi dari berbagai sumber. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan mental, ketegangan otot, dan penurunan mood. Stres yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik kita, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.

3. Mengurangi Kreativitas

Kelemahan multitasking selanjutnya adalah mengurangi kreativitas kita. Kreativitas membutuhkan ruang mental yang luas dan tenang untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif. Namun, multitasking mengganggu proses ini dengan memecah perhatian kita dan mengisi pikiran kita dengan informasi yang tidak relevan. Dengan demikian, kita menjadi kurang mampu untuk berpikir di luar kotak, menyelesaikan masalah, atau menemukan solusi alternatif.

4. Mengganggu Hubungan Interpersonal

Kelemahan multitasking terakhir adalah mengganggu hubungan interpersonal kita. Ketika kita melakukan multitasking, kita cenderung kurang peka terhadap orang-orang di sekitar kita. Kita mungkin tidak mendengarkan dengan baik, tidak memberikan respons yang tepat, atau tidak menunjukkan empati. Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman, konflik, atau ketidakpuasan dalam hubungan kerja maupun pribadi.

Baca Juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Bagaimana Cara Mengatasi Kelemahan Multitasking?

Setelah mengetahui beberapa kelemahan multitasking, kita mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita coba

  • Prioritaskan tugas-tugas yang penting dan mendesak, dan selesaikan satu per satu.
  • Batasi gangguan dari ponsel, email, media sosial, atau hal-hal lain yang bisa mengalihkan perhatian.
  • Tetapkan waktu khusus untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, dan hindari multitasking saat itu.
  • Istirahat secara teratur untuk merefresh otak dan tubuh kita.
  • Beri perhatian penuh kepada orang-orang yang berinteraksi dengan kita, dan tunjukkan rasa hormat dan apresiasi.

Itulah pengertian, kelebihan, hingga kekurangan multitasking. Apakah Anda salah satu yang memiliki skill ini?

Referensi: