5 Aturan Utama Menerapkan Goals dalam Berkarier

Goals atau tujuan adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses dalam berkarier. Tanpa goals, Anda akan kehilangan arah dan motivasi untuk terus berkembang dan mencapai prestasi. Namun, tidak semua goals yang dibuat bisa efektif dan membantu mencapai hasil yang diinginkan. Ada beberapa aturan utama yang harus terapkan agar goals  bisa lebih realistis, spesifik, dan terukur. Berikut adalah 5 aturan utama menerapkan goals dalam berkarier. 

Baca Juga: Yuk, Mengenal Self-Management untuk Karier yang Lebih Baik!

5 Aturan Utama Menerapkan Goals dalam Berkarier

1. SMART

SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound. Artinya, goals yang kita buat harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dengan visi dan misi, dan memiliki batas waktu yang jelas. Dengan menerapkan SMART goals, Anda bisa lebih fokus dan terarah dalam menjalankan rencana-rencana yang mendukung pencapaian goals.

2. Prioritas

Goals yang Anda buat tidak harus banyak-banyak, tetapi harus diprioritaskan sesuai dengan urgensi dan pentingnya bagi karier. Anda harus bisa membedakan antara goals yang esensial dan goals yang sekunder. Goals yang esensial adalah goals yang memiliki dampak besar bagi karier, seperti mendapatkan promosi, meningkatkan kualitas kerja, atau mengembangkan kompetensi. Goals yang sekunder adalah goals yang lebih bersifat tambahan atau pelengkap, seperti mengikuti pelatihan, bergabung dengan organisasi, atau membangun relasi.

3. Aturan Utama Menerapkan Goals, Actionable

Setelah membuat goals, aturan menerapkan goals dalam berkarier berikutnya ialah mewujudukannya dengan aksi-aksi konkret yang bisa dilakukan untuk mencapainya. Aksi-aksi ini harus spesifik, terukur, dan realistis. Misalnya, jika goals Anda adalah mendapatkan promosi, maka aksi-aksi yang bisa diupayakan adalah meningkatkan kinerja, menunjukkan inisiatif, berkomunikasi dengan atasan, atau mengambil tanggung jawab tambahan. Aksi-aksi ini harus dilakukan secara konsisten dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat kerja.

4. Feedback

Selanjutnya mencari feefback. Ini merupakan umpan balik yang bisa didapatkan dari diri sendiri, atasan, rekan kerja, atau pihak lain yang terkait dengan goals Anda. Feedback ini berguna untuk mengevaluasi sejauh mana Anda telah mencapai goals, apa saja kendala atau kesulitan yang kita hadapi, dan apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki atau tingkatkan. Feedback ini juga bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi Anda untuk terus berusaha dan berkembang.

5. Review

Review adalah proses peninjauan ulang terhadap goals yang telah dibuat dan capai. Review ini penting untuk dilakukan secara berkala, misalnya setiap bulan, triwulan, atau semester. Dengan melakukan review, Anda bisa mengetahui apakah goals yang telah dicapai sesuai dengan harapan dan rencana awal, apa saja manfaat dan dampaknya bagi karier Anda , serta apa saja hal-hal baru yang bisa dipelajari dari proses pencapaian goals tersebut. Review ini juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk merayakan pencapaian-pencapaian kecil yang telah dilakukan.

Baca Juga: Minat Kerja di Bagian SAP? Ini Dia Ragam Jenjang Karier di Bidang SAP!

Apa Saja Keuntungan Aturan Menerapkan Goals dalam Berkarier?

Berikut ini beberapa keuntungan dalam mematuhi aturan menerapkan goals pada karier Anda:

1. Aturan Utama Menerapkan Goals, Bikin Lebih Produktif dan Efektif dalam Bekerja

Dengan memiliki goals, Anda dapat menentukan prioritas, mengatur waktu, dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik. Goals juga dapat membantu Anda untuk menghindari distraksi dan hal-hal yang tidak relevan dengan tujuan.

2. Kualitas dan Kuantitas Hasil Kerja Meningkat

Anda bisa menetapkan standar dan kriteria yang sesuai dengan tujuan. Goals juga dapat membantu Anda untuk mengevaluasi dan memperbaiki kinerja secara berkala. Goals juga dapat mendorong Anda untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi.

3. Lebih Puas dan Bahagia saat Bekerja

Goals memungkinkan Anda untuk dapat merasakan rasa pencapaian dan penghargaan atas usaha dan prestasi Anda. Goals juga dapat membantu Anda untuk mengatasi tantangan dan hambatan dengan lebih optimis dan positif. Goals juga dapat membuat Anda lebih bersemangat dan antusias dalam bekerja.

4. Loyalitas dan Keterlibatan Kerja Lebih Tinggi

Goals juga membuat Anda merasa lebih terhubung dan sejalan dengan visi dan misi organisasi tempat Anda bekerja. Selain itu, goals juga berkontribusi lebih banyak dan memberikan nilai tambah bagi organisasi. Goals juga dapat membuat Anda lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan kita.

Referensi: