10 Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara

idul adha

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari raya Islam paling penting yang dirayakan di seluruh dunia. Festival ini, yang menghormati kesediaan Nabi Ibrahim (Abraham) untuk mengorbankan putranya sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan, ditandai dengan ritual dan tradisi khusus yang berbeda dari satu negara ke negara lain. Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lengkap tentang 10 tradisi unik Idul Adha dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: 8 Aktivitas untuk Ngabuburit Bareng Keluarga

10 Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara

idul adha

1. Singapura

Idul Adha di Singapura dirayakan dengan berbagai tradisi unik yang mencerminkan keragaman budaya dan keagamaan di negara tersebut. Salah satu kebiasaan yang menonjol adalah pembagian daging kurban, dimana sepertiga diberikan kepada keluarga, sepertiga lagi kepada teman dan tetangga, dan sisanya disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Ini adalah manifestasi dari semangat amal dan solidaritas yang kuat di antara komunitas Muslim di Singapura. Selain itu, perayaan ini juga menjadi waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan komunitas, memperkuat ikatan sosial sambil menghormati tradisi yang telah lama ada.

2. Pakistan

Sebelum hewan kurban disembelih, merupakan praktik umum di Pakistan untuk memandikan dan menghiasi hewan dengan hiasan bunga, sebagai bentuk penghormatan terhadap hewan tersebut atas peran suci mereka dalam perayaan tersebut.

Tak hanya itu, di Lahore, misalnya, kota ini berubah menjadi pusat perayaan, dengan masjid dan ruang terbuka dipenuhi oleh jemaah yang melakukan shalat Idul Adha khusus. Kemudian, pertemuan keluarga, persiapan makanan lezat, dan pemberian eidi, atau hadiah uang, juga merupakan bagian penting dari tradisi Idul Adha di Pakistan.

3. Uni Emirat Arab

Tradisi Idul Adha di Uni Emirat Arab mencerminkan kekayaan budaya dan keagamaan negara tersebut. Pada hari raya ini, umat Islam di Uni Emirat Arab melakukan sholat berjamaah di masjid, diikuti dengan penyembelihan hewan kurban seperti kambing, domba, atau unta, yang merupakan simbol dari kesediaan untuk berkorban demi kebaikan bersama.

Selain itu, tradisi lainnya termasuk mengenakan pakaian baru, memberikan uang kepada anak-anak, serta berkunjung ke majelis-majelis untuk menikmati hidangan khas dan minuman seperti kopi dan teh.

4. Maroko

Dikenal sebagai “Lebaran Agung”, festival di Maroko dimulai dengan libur tiga hari menjelang hari pengorbanan. Henna diaplikasikan pada tanduk hewan kurban sebagai simbol berkah. Tak hanya itu, di Maroko, Idul Adha atau yang dikenal sebagai Eid al-Kabir, dirayakan dengan penuh semangat dan keunikan.

Sebelum fajar pada hari raya, umat Muslim menghadiri sholat Idul Adha berjamaah dan mendengarkan khutbah. Setelah itu, mereka melaksanakan penyembelihan hewan kurban, yang biasanya dilakukan setelah Raja Maroko sebagai Amir al-Mu’minin.

Tradisi ini tidak hanya menunjukkan ketaatan kepada Tuhan tetapi juga semangat berbagi, karena daging kurban didistribusikan kepada yang membutuhkan. Selain itu, makanan khas seperti hati domba yang dibungkus dengan lemak perut atau boulfaf, menjadi hidangan istimewa yang hanya bisa ditemukan di Maroko selama perayaan ini.

5. Indonesia

idul adha

Di Indonesia, tradisi “gotong royong” ditonjolkan saat Idul Adha. Masyarakat berkumpul untuk mendistribusikan daging dari hewan kurban, memastikan bahwa masyarakat yang kurang beruntung pun dapat ikut serta dalam pesta tersebut.

Baca Juga: Apa Bedanya Tahun Baru Islam dan Tahun Baru Masehi?

6. Turki

Daging kurban di Turki sering dibagikan kepada tetangga, teman, dan mereka yang membutuhkan, mencerminkan semangat berbagi dan kasih sayang yang menjadi inti hari raya tersebut.

7. Mesir

Di Mesir, keluarga berkumpul untuk makan bersama setelah salat Idul Fitri. Hidangan yang populer adalah “Fatta”, makanan lezat yang dibuat dengan nasi, roti, bawang putih, dan daging domba rebus.

8. Bangladesh

Sungai-sungai di Bangladesh menyaksikan pemandangan yang unik ketika kulit hewan kurban diapungkan, kemudian dikumpulkan dan digunakan dalam berbagai industri. Seperti aneka kerajinan tangan 

9. India

Festival di India ditandai dengan penyiapan hidangan khas seperti Biryani dan Korma, yang dibagikan kepada keluarga, teman, dan tetangga.

10. Malaysia

Di Malaysia, upacara “Korban” diadakan di lapangan terbuka, tempat masyarakat berkumpul untuk melakukan upacara pengorbanan bersama-sama, sehingga memupuk rasa persatuan dan persaudaraan.

Tradisi-tradisi ini mencerminkan beragam cara perayaan Idul Adha di seluruh dunia, masing-masing menambahkan cita rasa budaya tersendiri pada tema universal pengorbanan, pengabdian, dan amal.

Saat kita mengamati praktik-praktik ini, kita diingatkan akan hubungan mendalam yang mengikat kita antar bangsa dan budaya dalam pengalaman bersama dalam iman dan komunitas.

Oleh karena itu, Idul Adha berfungsi sebagai simbol persatuan dan kasih sayang yang kuat, melampaui batas-batas geografis dan menyatukan orang-orang dalam perayaan nilai-nilai dan tradisi bersama.

Referensi:

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6799376/8-negara-yang-punya-tradisi-unik-rayakan-idul-adha

https://travel.kompas.com/read/2022/07/01/155500427/9-tradisi-idul-adha-di-berbagai-negara-ada-kurban-unta?page=all

https://www.idntimes.com/travel/destination/fasrinisyah-suryaningtyas-1/tradisi-unik-lebaran-iduladha-di-berbagai-negara