Yuk, Mengenal Self-Management untuk Karier yang Lebih Baik!

Apa itu self-management? Self management adalah kemampuan untuk mengatur diri sendiri secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Self management meliputi aspek-aspek seperti menetapkan prioritas, mengelola waktu, mengatasi hambatan, memotivasi diri, dan mengevaluasi kinerja. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang mengenal self-management, manfaat, dan tips melakukannya.

Mengenal Self-Management  dan Pengertiannya

Self-management adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Self-management meliputi aspek-aspek seperti perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengendalian, motivasi, dan evaluasi.

Self-management juga berarti mampu mengenali kekuatan dan kelemahan diri, mengembangkan potensi diri, mengatasi hambatan dan tantangan, serta beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Self-management merupakan salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis. 

Baca Juga: Anda Membutuhkan Motivasi di Awal Tahun? Mari, Simak di Sini!

Manfaat Mengenal Self-Management

Setelah mengenal self-management kini saatnya mencari tahu apa saja manfaat self-management untuk karier:

1. Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Kerja

Dengan mengenal self-management , kita dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu, menghindari gangguan, dan memfokuskan energi pada hal-hal yang penting. Kita juga dapat meningkatkan kualitas kerja dengan melakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala.

2. Meningkatkan Keterampilan dan Kompetensi

Self-management membantu kita dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, serta menentukan area yang perlu ditingkatkan. Kita juga dapat mencari peluang belajar dan pengembangan diri, baik secara formal maupun informal, untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang relevan dengan karier kita.

3. Meningkatkan Kepuasan dan Kesejahteraan Kerja

Self-management memungkinkan kita untuk menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta mengelola stres dan emosi yang timbul akibat pekerjaan. Kita juga dapat merasakan kepuasan kerja dengan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, serta mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas prestasi kita.

4. Meningkatkan Peluang Karier

Selain itu, dengan self-management kita bisa menunjukkan sikap profesionalisme, tanggung jawab, dan inisiatif dalam bekerja. Kita juga dapat membangun hubungan baik dengan atasan, rekan kerja, dan klien, serta memperluas jaringan profesional. Hal-hal ini dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas kita sebagai pekerja yang berkualitas, serta membuka peluang karier yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Buku Bacaan Inspiratif untuk Mengawali Tahun Baru

Mengenal Self-Management danTips Melakukannya

Oleh karena itu, self management adalah salah satu kunci sukses dalam karier. Untuk mengembangkan self management, kita perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Menetapkan tujuan-tujuan yang SMART (Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berbatas Waktu), serta membuat rencana aksi untuk mencapainya.
  • Mengatur waktu secara efektif dengan membuat jadwal harian, mingguan, atau bulanan yang realistis dan fleksibel, serta mengikuti jadwal tersebut dengan disiplin.
  • Mengatasi hambatan yang mengganggu pencapaian tujuan dengan mengidentifikasi sumber-sumber hambatan, mencari solusi alternatif, dan menerapkan solusi yang paling tepat.
  • Memotivasi diri sendiri dengan mengingat alasan-alasan mengapa kita menetapkan tujuan tersebut, memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas setiap kemajuan yang dicapai, dan mencari dukungan dari orang-orang yang positif dan mendukung.
  • Mengevaluasi kinerja secara berkala dengan membandingkan hasil yang dicapai dengan tujuan yang ditetapkan, mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan yang dialami, serta melakukan refleksi dan perbaikan berdasarkan umpan balik yang diterima.

Dengan melakukan hal-hal di atas secara konsisten, kita dapat meningkatkan self management kita secara bertahap. Self management bukanlah sesuatu yang bisa dikuasai dalam sekejap mata, tetapi membutuhkan komitmen dan usaha yang berkelanjutan. Namun, manfaat self management untuk karier sangatlah besar dan sepadan dengan usaha yang kita lakukan.

Referensi: