6 Rahasia Strategi Branding, Bikin Bisnis Anda Terkenal

Strategi Branding

Dibalik setiap brand yang terkenal, pastinya ada strategi branding yang bisa membantu menyebarkan brand Anda dengan brand lainnya. Namun, ini bisa menjadi tantangan besar ketika Anda belum bisa memahami dan menggunakan strategi branding

Untuk itu, sebelum mengetahui lebih dalam tentang strategi branding, Anda perlu tahu apa itu brand. Penjelasan lengkapnya bisa diketahui lewat artikel berikut ini.

Apa Itu Strategi Branding?

Brand adalah nama, istilah, simbol, tanda, dan kombinasi dari semuanya yang bertujuan mengidentifikasi barang atas jasa sehingga bisa membedakannya dengan pesaing Anda. Sementara strategi branding merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mengenalkan nilai-nilai brand Anda kepada konsumen.

Strategi dalam branding adalah perencanaan jangka panjang yang bisa dilakukan dengan menetapkan identitas merek dan menemukan posisi unik dalam target audiens.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Antivirus Gratis untuk Laptop Anda

6 Strategi Branding

Macam-Macam Strategi Branding

Bagi Anda yang sedang membuat bisnis, maka sebaiknya sediakan waktu untuk memikirkan bagaimana strategi branding. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

1. Kenali Target Audiens

Langkah pertama dalam strategi branding adalah memahami dengan jelas siapa target audiens Anda. Apa kebutuhan, keinginan, dan preferensi mereka? Apa yang membuat mereka tertarik pada layanan atau produk Anda? Nah, dengan memahami target audiens Anda, maka Anda bisa membangun brand sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Menciptakan Identitas Brand yang Unik

Sangat penting bagi suatu brand untuk memiliki identitas yang unik dan juga mudah diingat. Ini termasuk dari nama, logo, tagline, dan warna brand yang konsisten. Untuk itu, pastikan bahwa identitas brand Anda bisa mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian dari bisnis Anda.

Kalau mengutip dari Endeavor Creative, secara umumnya ada 5 tipe dari sebuah identitas brand, yakni:

  • Excitement: semangat, kebebasan, jiwa muda atau biasanya cocok untuk generasi muda
  • Sincerity: membawa aura positif dengan sifat atau nilai kekeluargaan
  • Ruggedness: Bersifat atletik dengan tone yang kuat dan aktif
  • Competence: memberikan pengaruh yang kuat karena memberi sifat kepemimpinan
  • Sophistication: bersifat mahal, elegan, dan eksklusif sehingga lebih bergengsi.

3. Membangun Cerita Brand yang Menarik

Setiap brand pastinya memiliki cerita di baliknya. Untuk itu, Anda perlu menceritakan kisah di balik brand kepada pelanggan. Ini bisa membantu membangun hubungan yang emosional dengan mereka sehingga membuat brand Anda lebih berkesan.

Baca Juga: Cara Refresh Laptop agar Tidak Lemot

4. Konsisten Ketika Mengkomunikasikan Brand

Pastikan mengkomunikasikan brand Anda dengan konsisten di semua platform baik secara online atau offline. Selalu, gunakan pesan dan visual yang sama untuk memperkuat identitas brand Anda.

Media sosial adalah platform yang ideal ketika mengkomunikasikan brand dan cara termudah untuk terhubung dengan pelanggan. Untuk itu, buat konten yang menarik dan informatif, misalnya adakan percakapan dengan pelanggan dan manfaatkan fitur iklan di media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

5. Kolaborasi dengan influencer atau Adakan Event

Berkolaborasi dengan influencer di industri Anda juga bisa membantu menjangkau audiens baru dan meningkatkan kredibilitas brand. Selain itu, adakan event dan aktivitas untuk meningkatkan brand awareness dan membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

6. Pantau dan Ukur Performa Brand

Penting untuk memantau dan mengukur strategi branding secara teratur. Gunakan analitik dan data untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Lalu, lakukan penyesuaian yang diperlukan pada strategi branding Anda.

Baca Juga: Apa Efek Radiasi Laptop terhadap Kesehatan Kita?

Terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren baru sehingga Anda bisa memastikan brand tetap relevan dengan pelanggan.

Membangun brand yang kuat dan berkesan memang membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi. Namun, dengan menerapkan strategi branding yang tepat, Anda tentunya bisa membangun brand yang akhirnya bisa mencapai tujuan bisnis.

Referensi:

https://www.adobe.com/express/learn/blog/brand-strategy

https://www.wix.com/blog/brand-strategy

https://www.qualtrics.com/en-au/experience-management/brand/brand-strategy/?rid=ip&prevsite=en&newsite=au&geo=ID&geomatch=au