5 Tips Menguasai Public Speaking Anti Gugup, Wajib Anda Coba!

Tips Menguasai Public Speaking

Saat ini, kemampuan public speaking sangat bermanfaat dan banyak digunakan seperti saat presentasi, seminar, atau briefing. Public Speaking sendiri bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum. Sehingga, dengan public speaking yang bagus, audiens pun akan mudah memahami pesan yang disampaikan. Namun, public speaking tidak mudah seperti kelihatannya. Seringkali rasa gugup saat berbicara bisa saja timbul.  Untuk itu, sangat penting mengetahui tips menguasai public speaking anti guggup.

Baca Juga: Cara Buat Email Baru di HP dan Laptop

1. Mengenali Audiens dan Topik yang Akan Dibicarakan

Mengenali Audiens dan Topik yang Akan Dibicarakan

Sebelum menyusun kalimat yang aman dibicarakan, pertimbangkan dulu untuk siapa pesan tersebut ditujukan. Jangan lupa juga untuk menentukan tema atau topik presentasi Anda agar sesuai dengan tujuannya. 

Dengan mengidentifikasi hal-hal seperti ini maka bisa membantu Anda ketika menyusun materi presentasi dan menentukan gaya bicara Anda. Anda tidak perlu selalu bersikap formal dan membuat lelucon ketika presentasi membahas topik yang ringan. Beda hal ketika harus mempresentasikan hal-hal serius terkait pekerjaan misalnya. 

2. Tips Menguasai Public Speaking: Jangan Langsung Berbicara

Jangan Langsung Berbicara

Ketika nama Anda disebut dan mulai melangkahkan kaki ke hadapan audiens, maka di detik-detik inilah biasanya kegugupan mulai memuncak, bahkan bisa menyebabkan gemetar dan berkeringat.

Jika Anda mengalami hal ini, ada baiknya jangan langsung berbicara untuk menutupi kegugupan. Cobalah untuk jalan perlahan lalu diam sejenak untuk menarik nafas dan diam sebelum memulai untuk berbicara. 

Mungkin Anda akan membayangkan suasana hening atau merasakan prosesnya yang lama. Namun, hal ini justru membuat Anda bisa mengontrol diri dan menyapa penonton dengan lebih tegas. Jadi, point dari tips menguasai public speaking ini adalah mencoba tenang terlebih dahulu, baru berbicara.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Prioritas Tugas dalam Pekerjaan?

3. Menjalin Interaksi Untuk Menguasai Public Speaking

Menjalin Interaksi Untuk Menguasai Public Speaking

Tips menguasai public speaking selanjutnya adalah dengan memanfaatkan situasi yang ada di lapangan. Salah satunya, Anda bisa improvisasi atau menjalin interaksi dengan audiens. Nah, ada banyak sekali interaksi yang bisa Anda lakukan. 

Misalnya bertukar pendapat soal suatu topik. Atau, Anda juga bisa menanyakan pandangan audiens soal materi yang lagi dibawakan sehingga terjalin komunikasi dua arah. Selain itu, Anda juga bisa melemparkan pertanyaan terkait materi tersebut ke mereka. Jika mereka bertanya, maka Anda bisa menawarkan ke peserta lain untuk menjawab.

Tips menguasai public speaking yang satu ini bisa mencairkan suasana sehingga lebih rela, Anda pun jadi lebih bisa menguasai kegugupan dalam diri. 

Baca Juga: Pentingnya Attitude Baik dalam Dunia Pekerjaan

4. Jaga Kontak Mata dengan Audiens

Jaga Kontak Mata dengan Audiens

Kontak mata adalah salah satu tips public speaking yang tidak boleh terlupakan. Nah, biasanya karena masih awal-awal biasanya kita masih gugup dan belum terbiasa memandang audiens ke matanya. Anda bisa mengalihkan pandangan ke bagian batang hidung atau bagian dahi.

Lalu, usahakan agar pandangan tidak terus menerus beralih dari satu sisi ke sisi lain. Cobalah menahan pandangan lebih lama. Nah, cara ini juga efektif dalam menghilangkan rasa gugup dan membuat Anda jadi lebih fokus ketika melakukan public speaking.

5. Tips Menguasai Public Speaking: Gunakan Kalimat Pengulangan

Tips Menguasai Public Speaking_ Gunakan Kalimat Pengulangan

Saat sampai di akhir kalimat dan tidak yakin kemana membawa pembicaraan tersebut, maka lebih baik untuk melakukan pengulangan dibandingkan mengatakan langsung apa yang muncul di kepala.

Itu tadi beberapa tips menguasai public speaking supaya Anda tidak gugup. Yang terpenting dalam melakukan public speaking adalah fokus pada mereka yang mendukung, supaya Anda bisa lebih percaya diri dan tenang.

Referensi:

https://www.saintleo.edu/about/stories/blog/9-tips-to-improve-your-public-speaking-skills

https://www.coursera.org/articles/public-speaking

https://professional.dce.harvard.edu/blog/10-tips-for-improving-your-public-speaking-skills/