4 Manfaat Networking dalam Dunia Kerja

Networking merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh para profesional maupun mereka yang hendak berkecimpung di dunia kerja. Sebab, dengan networking yang luas maka Anda berkesempatan untuk meningkatkan pengalaman juga kinerja dalam berkarier. Maka tak heran jika networking jadi salah satu syarat penting ketika melamar pekerjaan. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai manfaat networking dalam dunia kerja dan bagaimana tipsnya. 

Baca Juga: Apa Itu Networking dalam Dunia Kerja dan Tips Memulainya!

Apa Itu Networking?

Networking merupakan proses membangun dan menjaga hubungan profesional dengan orang-orang yang memiliki kepentingan, tujuan, atau bidang kerja yang sama atau berbeda dengan Anda. Networking dapat dilakukan secara online maupun offline, melalui media sosial, forum, webinar, konferensi, seminar, atau pertemuan informal. 

Manfaat Networking dalam Dunia Kerja

Networking memiliki banyak manfaat dalam dunia kerja, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Melalui networking, Anda bisa belajar dari pengalaman, tips, atau saran dari orang-orang yang sudah lebih ahli atau berpengalaman di bidang kerja Anda. Anda juga dapat mengetahui perkembangan terbaru, tren, atau isu-isu yang relevan dengan bidang kerja tersebut. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas kerja dan kompetensi.

2. Membuka peluang karir

Dengan networking, Anda mampu menjangkau lebih banyak orang yang mungkin dapat memberikan informasi, referensi, atau rekomendasi tentang peluang karir yang sesuai dengan minat dan kualifikasi. Anda juga bisa memperluas jaringan kontak profesional yang membantu Anda mendapatkan kesempatan kerja di masa depan.

3. Meningkatkan reputasi dan kredibilitas

Networking memungkinkan Anda dapat membangun citra positif dan meninggalkan kesan baik di mata orang-orang yang berhubungan dengan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menunjukkan keahlian, kemampuan, atau prestasi kepada orang-orang yang relevan dengan bidang kerja. Hal ini dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas sebagai profesional.

4. Membangun hubungan yang saling menguntungkan

Anda dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan orang-orang yang memiliki tujuan atau kepentingan yang sama atau berbeda melalui networking.

Anda juga dapat saling memberi dan menerima dukungan, bantuan, saran, atau masukan yang dapat membantu mencapai tujuan atau menyelesaikan masalah kerja. Tak hanya itu, Anda juga dapat saling menghargai dan menghormati perbedaan pandangan, pendapat, atau cara kerja antara Anda dengan orang dalam networking tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan

Tips Membangun Networking di Dunia Kerja

Networking tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar networking kita efektif dan bermanfaat, yaitu:

1. Tentukan tujuan networking kita

Sebelum menghubungi atau bertemu dengan orang-orang, kita perlu mengetahui apa yang ingin kita capai dari networking. Apakah kita ingin mendapatkan informasi tentang industri tertentu? Apakah kita ingin mencari peluang kerja baru? Apakah kita ingin memperluas jaringan kontak kita? Dengan menentukan tujuan networking, kita bisa lebih fokus dan strategis dalam memilih dan mendekati orang-orang yang tepat.

2. Lakukan riset tentang orang-orang yang ingin kita jalin hubungan

Mengetahui latar belakang, minat, dan keahlian orang adalah hal penting yang perlu dilakukan saat networking. Kita bisa mencari informasi dari profil LinkedIn, website, blog, media sosial, atau publikasi online yang terkait dengan orang tersebut.

Dengan melakukan riset, kita bisa menyesuaikan cara berkomunikasi dan topik pembicaraan kita dengan orang tersebut. Selain itu, kita juga bisa menunjukkan rasa hormat dan ketertarikan kita terhadap orang tersebut.

3. Bangun hubungan secara personal dan profesional

Networking tidak hanya berarti bertukar kartu nama atau informasi kontak. Networking juga berarti membangun hubungan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan dengan orang-orang. Untuk itu, kita perlu menunjukkan sikap ramah, sopan, dan terbuka saat berinteraksi dengan orang-orang. 

Kita juga perlu menunjukkan rasa peduli dan empati terhadap kepentingan dan masalah orang-orang. Selain itu, kita juga perlu memberikan nilai tambah kepada orang-orang, misalnya dengan memberikan informasi berguna, memberikan rekomendasi, atau memberikan pujian.

4. Jaga konsistensi dan frekuensi komunikasi

Setelah kita berhasil membangun hubungan awal dengan orang-orang, kita perlu menjaga hubungan tersebut agar tetap hangat dan aktif. Kita bisa melakukan hal ini dengan mengirim email atau pesan secara berkala untuk menyapa, mengucapkan selamat, atau mengajak berdiskusi tentang topik tertentu. 

Kita juga bisa mengundang orang-orang untuk bertemu secara langsung atau online untuk berbagi pengalaman, ide, atau saran. Kita juga bisa menghadiri acara-acara yang dihadiri oleh orang-orang tersebut untuk mempererat hubungan.

5. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan feedback

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh banyak profesional adalah mengucapkan terima kasih dan memberikan feedback kepada orang-orang yang telah membantu atau berkontribusi dalam networking kita. Padahal, hal ini sangat penting untuk menunjukkan rasa penghargaan dan penghormatan kita kepada orang-orang tersebut. 

Kita bisa mengirim email atau pesan singkat untuk mengucapkan terima kasih atas waktu, informasi, saran, atau bantuan yang telah diberikan oleh orang-orang tersebut. Kita juga bisa memberikan feedback positif atau konstruktif tentang hasil atau dampak dari networking kita kepada orang-orang tersebut.

Itulah beberapa tips membangun networking di dunia kerja yang bisa kita terapkan. Dengan networking yang efektif dan bermanfaat, kita bisa meningkatkan peluang dan potensi kita sebagai profesional yang sukses. Selamat mencoba!

Referensi: