Dalam dunia kerja, komunikasi sangatlah penting untuk Anda jaga. Baik itu antar sesama karyawan atau antar karyawan dengan atasan. Berawal dari komunikasi yang baik, Anda dapat membina hubungan yang positif sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.
Namun pada kenyataannya, seringkali tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Terkadang dalam dunia kerja ada banyak tekanan yang menyebabkan Anda jadi mudah emosional. Akibatnya, kita jadi sering mengabaikan pekerjaan, unmood, dan marah-marah bukan hanya pada teman saja tapi juga pada bos alias atasan.
Nah, emosi inilah yang nantinya malah menjatuhkan karier kita sendiri karena kita tidak bisa bersikap di hadapan sesama teman kerja bahkan atasan. Untuk itu, kali ini ProcurA Blog akan memberikan 5 tips membina hubungan yang baik dengan atasan agar pekerjaan Anda tetap berjalan lancar dan karier bisa meningkat. Yuk, simak penjabarannya di bawah ini.
1. Menjaga Sikap
Sekalipun Anda memiliki hubungan yang baik ataupun tidak terhadap atasan, Anda tetap harus bersikap hormat dan sopan pada atasan. Jika atasan sedang memarahi kinerja Anda, coba koreksi diri dan tanyakan baik-baik apa yang benar-benar diinginkan atasan dan bagaimana solusi terbaiknya. Usahakan untuk mengendalikan diri dengan tidak langsung menunjukkan amarah karena hal tersebut tidak akan membawa Anda pada jalan keluar.
2. Berinovasi
Hidup ini adalah pilihan. Sama halnya ketika Anda berada dalam dunia kerja. Apakah Anda ingin menjadi karyawan yang biasa-biasa saja tanpa melakukan gebrakan apapun? Atau sebaliknya, Anda memilih menjadi karyawan yang selalu punya gebrakan baru alias berinovasi? Membina hubungan yang baik dengan atasan dapat kita tunjukan dengan memberikan beberapa pilihan ide-ide cemerlang, tentunya bukan hanya untuk menunjukkan kemampuan diri, tapi juga untuk kemajuan perusahaan.
3. Update Informasi
Tips membina hubungan yang baik dengan atasan selanjutnya adalah sebagai seorang karyawan Anda harus berinisiatif lebih dulu untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang sudah dicapai dalam kurun waktu tertentu, sehingga atasan mengetahui seberapa jauh progress perusahaannya saat ini.
Di lain sisi, atasan Anda pun merasa puas saat bekerjasama dengan Anda, karena Anda memberikan pelayanan informasi yang update. Jangan lupa gunakanlah kata-kata yang baik dan diplomatis saat berbicara dengan atasan Anda.
4. Memahami Karakter
Ciptakanlah suasana kerja yang senyaman mungkin. Pahami karakter atasan Anda, ikuti ritme atasan Anda. Jika hati atasan Anda sedang kurang baik atau bad mood, maka Anda pun harus berhati-hati. Hindari waktu bercanda saat suasana hati atasan sedang tidak baik, sehingga ia tahu bahwa Anda adalah orang yang sensitif dan peka terhadap keadaan.
5. Memotivasi
Siapa bilang hanya karyawan saja yang butuh dimotivasi? Atasan Anda juga perlu untuk dimotivasi, lho. Terkadang hal kecil yang Anda lakukan tanpa sengaja itu justru dapat membuat orang lain melakukan hal besar, baik untuk perusahaan maupun bidang lain.
Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk memberikan masukan dan saran pada atasan. Apalagi saat tim Anda menghadapi masalah yang susah dicari jalan keluarnya. Dengan memberikan masukan, atasan Anda tidak merasa seorang diri menghadapi masalah yang dihadapi oleh tim.
6. Pujian
Tips membina hubungan yang baik dengan atasan yang terakhir adalah memberikan pujian. Pujian bukan hanya dapat Anda berikan kepada sesama rekan kerja Anda. Ada kalanya Anda juga harus memuji atasan atas prestasi yang telah ia capai.
Karena dari sebuah pujian, akan menumbuhkan semangat positif untuk dapat terus berkarya lebih baik lagi. Hal ini juga dapat menunjukan kepada atasan Anda, bahwa Anda mendukung ia hingga sukses itu tercapai.
Itulah 6 tips membina hubungan yang baik dengan atasan yang ProcurA Blog bisa berikan pada Anda. Semoga tips diatas dapat berguna dan bermanfaat. Selamat mencoba, salam sukses! Procura.id adalah perusahaan yang menyediakan solusi e-procurement terbaik bagi perusahaan Anda. Segera kunjungi situs webnya untuk meminta demo!
(LH)