Mau Lebih Produktif? Yuk, Lakukan 5 Tips Menata Meja Kerja Ini!

Pernahkah Anda merasa malas melakukan aktivitas di meja kerja yang mengakibatkan kinerja tidak produktif? Semangat menghilang kemudian pekerjaan menumpuk. Hal ini membuat  Anda semakin tidak nyaman.

Segeralah Anda mengecek keadaan meja kerja, jika terlihat tidak beraturan, itu mungkin menjadi penyebab rasa malas yang meningkat dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Sebab, saat meja kerja tertata dengan rapi, pasti akan menimbulkan semangat bekerja.

Yuk, lakukan 5 tips menata meja kerja di bawah ini jika ingin meningkatkan semangat dan produktivitas!

1. Menggunakan Wadah untuk Benda Kerja

Tips menata meja kerja yang pertama adalah dengan mencoba terorganisir. Faktor utama penyebab malas adalah melihat keadaan meja kerja yang berantakan dengan dokumen yang tidak tertata dan peralatan tulis yang berserakan. Hal tersebut dapat membatasi ruang gerak selama berada di meja kerja.

Cobalah memakai file holder dengan motif unik untuk menyimpan dokumen dan menempatkannya di sudut meja agar tidak mengganggu ruang gerak. Selain itu, gunakan tempat pensil yang memiliki beberapa kotak kecil untuk menyimpan alat tulis seperti paper clip atau penghapus. Letakkan tempat tersebut di dekat keyboard komputer agar mudah dijangkau.

2. Sediakan Tempat Sampah

Kebersihan adalah hal utama. Dengan meja kerja yang bersih dan rapi, Anda dapat merasa lebih fresh dalam melakukan kegiatan. Jangan malas untuk segera membuang kertas tidak terpakai, limbah staples ataupun sampah lainnya. Maka dari itu, letakkan tempat sampah di samping meja kerja, agar tidak perlu repot berpindah posisi duduk.

3. Pencahayaan yang Cukup

Tidak banyak yang menyadari bahwa pencahayaan meja dapat mendukung semangat agar semakin produktif. Selain itu, jika lampu dengan cahaya redup yang digunakan, Anda akan merasakan mata yang lebih cepat lelah. Bagi pengguna lampu meja sebagai penerangan, arahkan cahaya ke keyboard komputer untuk membantu mengetik lebih cepat dan tepat.

4. Gunakan Sticky Notes

Nah, Anda bisa juga melakukan tips menata meja kerja dengan cara unik satu ini. Ada beberapa pekerjaan yang memiliki batas waktu penyelesaian lebih cepat daripada yang lain. Gunakanlah sticky notes sebagai pengingat waktu. Umumnya sticky notes punya warna terang sehingga lebih menarik perhatian. Anda bisa menempelkannya di tempat yang mudah dilihat. Dengan adanya sticky notes, Anda lebih menghargai waktu dan tidak akan berani malas-malasan dalam bekerja.

5. Simpan Smartphone dan Singkirkan Barang Tak Terpakai

Meskipun smartphone berguna untuk menunjang komunikasi dengan partner kerja, ternyata smartphone bisa menghambat produktivitas, lho. Misalnya, karena adanya smartphone Anda malah jadi sibuk melihat InstaStory sehingga tugas terbengkalai. Letakkan smartphone di tempat yang sulit diambil, contohnya di dalam tas, bukan di meja kerja utama.

Singkirkan barang Anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, contohnya makanan ringan, peralatan rias ataupun mainan. Karena jika barang tersebut ada di meja kerja akan membuyarkan konsentrasi dari pekerjaan utama yang sedang dilakukan.


Demikian beberapa tips menata meja kerja agar meningkatkan produktivitas kerja Anda. Semoga membantu! Bagi Anda yang sedang mencari solusi e-procurement andal dan terpercaya, Anda bisa mengunjungi situs web ProcurA. Selamat bekerja!

BACA JUGA:

Mari, Cari Tahu Tips Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

Sumber Acuan:

(MS)