Home » 6 Cara Agar Produktif Saat Bekerja

6 Cara Agar Produktif Saat Bekerja

Cara Agar Produktif

Ada banyak cara agar produktif saat bekerja. Salah satunya dengan menerapkan kebiasaan kerja yang positif. Sebanyak apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang kita miliki, sebagai seorang pekerja memang sudah seharusnya bisa selalu produktif.

Namun, untuk menjadi produktif tentunya bukanlah hal mudah karena ada saatnya kita tidak memiliki mood yang baik untuk bekerja. Supaya kamu bisa selalu produktif, coba terapkan beberapa cara agar produktif saat bekerja berikut ini.

1. Cara Agar Produktif: Hindari Multitasking

Cara Agar Produktif_ Hindari Multitasking

Sebenarnya otak manusia tidak mampu mengerjakan banyak tugas secara bersamaan. Justru hal ini bisa mengganggu produktivitas Anda saat bekerja. 

Saat fokus mengerjakan satu proyek dalam satu waktu, Anda langsung bisa menetapkan satu tujuan. Hal inilah yang bisa memotivasi Anda menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas berikutnya.

Namun, jika Anda perlu mengerjakan banyak tugas sekaligus, pertimbangkan untuk memprioritaskan tugas berdasarkan tingkat kepentingannya. Anda bisa mulai mengerjakannya dari tugas yang deadline paling dekat. 

Baca Juga: 5 Strategi Konten Media Sosial untuk Bisnis yang Viral dan Bertahan Lama!

2. Menetapkan Tujuan Kecil

Tujuan Kecil

Daripada mencapai tujuan besar yang butuh banyak cara dan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya, pertimbangkan lakukan perencanaan tujuan-tujuan kecil sepanjang hari.

Misalnya mempersiapkan dokumen yang diperlukan, menanggapi email klien, atau mengumpulkan semua sumber daya yang akan dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek mendatang.

3. Cara Agar Produktif: Ada Manajemen Waktu

Ada Manajemen Waktu

Memberi batasan waktu pada jadwal Anda bisa meningkatkan produktivitas. Hal ini membuat Anda bisa lebih fokus mengerjakannya yang pada akhirnya bisa menyelesaikannya dalam jangka waktu yang sudah dijadwalkan.

Misalnya Anda bisa mencoba Teknik Pomodoro untuk membagi kegiatan  menjadi beberapa segmen. Teknik ini membagi pekerjaan menjadi beberapa interval, biasanya 25 menit, yang diselingi dengan istirahat pendek. Metode ini mendorong sesi kerja yang terfokus dan mencegah kelelahan.

4. Disiplin Menjalankan Rutinitas

Disiplin Menjalankan Rutinitas

Cara agar produktif yang satu ini dimulai dengan menetapkan waktu mulai dan berakhir yang pasti untuk hari kerja Anda. Ini akan menciptakan perbedaan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi sehingga Anda tetap berkomitmen pada pekerjaan dan mencegah kerja berlebihan atau kurang kerja.

Selanjutnya, rencanakan pengerjaan di sekitar waktu paling produktif Anda, manfaatkan waktu ini untuk menangani tugas-tugas yang berat. Jangan lupa selingi waktu istirahat secara teratur ke dalam rutinitas Anda untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Baca Juga: 5 Tips Menguasai Public Speaking Anti Gugup, Wajib Anda Coba!

5. Membuat Rapat Lebih Produktif

Membuat-Rapat-Lebih-produktif

Jika Anda memiliki jadwal rapat sepanjang hari, pertimbangkan beberapa cara agar tetap produktif. Pertimbangkan rapat sambil berdiri di mana Anda dan rekan kerja berdiri selama rapat.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus saat membahas topik penting selama rapat.

Anda juga dapat mencatat waktu yang dibutuhkan untuk menghadiri dan mengakhiri rapat. Misalnya, pertimbangkan untuk mencatat hal-hal terpenting atau topik yang perlu dibahas, dan alokasikan waktu tertentu untuk setiap topik. 

Kemudian, bekerjasamalah dengan tim untuk membahas apa yang termasuk dalam daftar topik sambil membatasi pembahasan topik pada waktu yang dialokasikan.

Baca Juga: 6 Rahasia Strategi Branding, Bikin Bisnis Anda Terkenal

6. Hindari Gangguan

Hindari-Gangguan

Meskipun Anda merasa senang berinteraksi dengan rekan kerja, kehilangan waktu karena percakapan, rapat informal dan cepat, atau diskusi  dapat menghambat alur kerja dan menurunkan produktivitas. 

Untuk itu, gunakan strategi untuk membatasi jumlah gangguan selama bekerja.

Jika bekerja di lingkungan terbuka, Anda dapat menggunakan headphone peredam bising untuk membantu membatasi suara obrolan dan interaksi luar.

Itu tadi beberapa cara agar produktif saat bekerja. Saat menerapkan beberapa strategi tadi diperlukan kedisiplinan dan konsistensi dalam menjalankannya. 

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/ways-to-be-more-productive

https://www.travelers.com/resources/home/working-remotely/10-tips-for-staying-productive-when-working-from-home

https://www.crossover.com/blog/7-ways-to-supercharge-your-productivity-while-working-remotely