Ingin mengoptimalkan dan meningkatkan laba? Ada beberapa cara sukses jualan online yang mudah dilakukan dan bisa mengonversi pelanggan dan meningkatkan penjualan online. Saat ini, untuk berjualan tidak harus memiliki toko fisiknya dulu.
Hal ini karena kita sudah bisa berjualan dengan cara online. Dengan adanya penjualan online, maka kita pun jadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
7 Cara Sukses Jualan Online

Jika Anda memiliki bisnis, ada beberapa cara sukses jualan online yang bisa Anda lakukan.
Di sini bukan hanya membahas cara meningkatkan penjualan tetapi juga meningkatkan penjualan online yang bisa bertahan lama. Yuk simak penjelasannya berikut ini.
1. Ambil Foto Produk yang Bagus
Visual yang bagus membantu pelanggan melihat produk secara detail sebelum membeli.
Pastikan untuk mengambil foto di area yang terang, pilih latar belakang polos, hindari filter foto, tampilkan sudut produk yang berbeda, dan hindari memotret produk lain yang tidak termasuk dalam pesanan.
2. Tips Tulis Deskripsi Produk
Cara sukses jualan online selanjutnya adalah pastikan untuk menyertakan informasi yang bermanfaat dan akurat untuk membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat. Ini termasuk detail daftar yang akurat tentang fitur dan manfaat.
Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas, hindari jargon atau istilah teknis yang dapat membingungkan calon pelanggan, dan gunakan praktik terbaik SEO untuk membantu penawaran produk mendapat peringkat di hasil pencarian.
Baca Juga: Ini 6 Tips Mengelola Keuangan bagi yang Kuliah sambil Kerja!
3. Menggunakan Pemasaran Konten Video

Pemasaran video adalah cara sukses jualan online yang menarik dan mudah diingat bagi audiens. Hal ini membuat mereka terhubung dengan merek dan lebih memahami penawaran produk Anda. Untuk memasarkan konten video ini Anda juga dapat menggunakan pemasaran video untuk kampanye PPC.
Iklan PPC memungkinkan Anda menyesuaikan pesan iklan dengan target audiensnya. Misalnya dengan menargetkan demografi dan minat tertentu untuk memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan untuk audiens yang memiliki minat yang sama. Lalu, buat konten video untuk menjelaskan tentang produk atau layanan Anda.
4. Aktif di Sosial Media
Dengan terus menerus membagikan konten di media sosial yang menarik bagi audiens, dapat menjangkau pelanggan baru untuk menemukan toko Anda dan membangun loyalitas dengan pelanggan saat ini.
Di Instagram, bagikan gambar atau video berkualitas tinggi dari produk Anda. Menurut Hootsuite 92% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka mengikuti suatu merek, mengklik situs web, atau membeli suatu produk setelah melihatnya di platform tersebut.
Baca Juga: 5 Aplikasi Finansial untuk Bantu Mengatur Keuangan Anda
5. Lakukan Analisis

Coba lakukan analisis kenapa orang banyak yang tidak jadi membeli. Mungkin beberapa alasan berikut bisa menjadi pertimbangan:
- Proses pembelian masih terlalu rumit
- Tidak tersedia metode pembayaran yang mereka inginkan
- Lupa tentang produk yang mereka beli sehingga hanya menaruhnya di keranjang
Gunakan laporan analitik untuk melihat apa yang diklik dan dibeli oleh pelanggan Anda? Hal ini bisa membantu Anda memahami bisnis dan pelanggan Anda dengan lebih baik.
Ulasan produk juga dapat memberi Anda informasi bermanfaat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi apa yang berhasil di toko e-niaga Anda, atau mengenali potensi kesenjangan atau kekurangan dalam pemilihan produk Anda.
6. Pasang Chatbot
Chatbot e-commerce merupakan rahasia sukses banyak bisnis. Chatbot meningkatkan rasio konversi dengan memudahkan pengunjung situs untuk melakukan pembelian. Saat memilih chatbot, pastikan Anda memilih yang dapat:
- Memberikan ketersediaan 24/7
- Memberi rekomendasi yang dipersonalisasi
- Menyediakan percakapan seperti manusia
Chatbot yang dipilih dengan baik menciptakan pengalaman berbelanja yang lancar dan nyaman. Chatbot juga dapat mendorong pengguna untuk membeli. Selain itu, chatbot dapat membantu mengidentifikasi peluang upsell dan cross-sell, serta menangkap prospek yang mungkin hilang.
Baca Juga: 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama
7. Menawarkan Diskon
Salah satu cara hebat untuk meningkatkan penjualan online Anda adalah dengan menawarkan diskon, promo, dan paket.
Dengan menawarkan diskon, Anda dapat menarik minat pelanggan yang mungkin ragu untuk melakukan pembelian. Sebaiknya gunakan teknik urgensi di sini, jadi pastikan untuk menyertakan batasan waktu pada penawaran Anda.
Menawarkan hadiah atau paket promosi akan mendorong orang untuk membeli lebih banyak. Misalnya, jika seseorang membeli sebotol sampo, tanyakan apakah mereka tertarik dengan paket perlengkapan mandi Anda. Paket bisa berisi sampo, kondisioner, dan sabun mandi.
Dengan menggabungkan beberapa barang, Anda dapat menawarkan harga diskon. Biaya pemesanan yang lebih tinggi akan membantu menutupi laba yang hilang.
Itulah tadi beberapa cara sukses jualan online yang bisa langsung Anda terapkan. Semoga bisnis atau usaha Anda dapat cepat berkembang ya!
Referensi:
https://www.semrush.com/blog/ecommerce-marketing/
https://blog.hootsuite.com/how-to-increase-online-sales/
https://www.webfx.com/blog/marketing/ecommerce-selling-tips/
