10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Hampir semua orang yang bekerja atau bahkan kuliah sudah menggunakan perangkat laptop. Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang bermanfaat untuk berbagai keperluan, tidak hanya bekerja dan belajar, tetapi juga untuk bermain game atau aktivitas hiburan lainnya. Memiliki laptop juga membutuhkan perawatan yang baik agar bisa berfungsi dengan optimal dan tahan lama. Berikut adalah 10 cara merawat laptop agar tahan lama yang bisa Anda lakukan. 

10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

10 cara merawat laptop

1. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Debu dan kotoran yang menumpuk di permukaan laptop, terutama di sela-sela keyboard dan lubang ventilasi, bisa mengganggu kinerja laptop dan menyebabkan panas berlebih. Anda bisa menggunakan kuas halus, kain lembut, atau tisu basah untuk membersihkan laptop secara hati-hati. Hindari menggunakan cairan pembersih dengan kandungan alkohol atau bahan kimia lain yang memicu kerusakan pada komponen laptop. 

2. Gunakan Pendingin Tambahan

Laptop yang sering digunakan untuk aktivitas berat, seperti gaming atau editing video, cenderung menghasilkan panas yang tinggi. Panas berlebih bisa merusak komponen laptop dan mengurangi umur pakainya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pendingin tambahan, seperti cooling pad atau kipas angin, untuk membantu mendinginkan laptop. Pastikan juga laptop diletakkan di tempat yang sejuk dan berventilasi baik.

Baca Juga: HP Tersiram Air? Ini 9 Pertolongan Pertamanya!

3. 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama, Jaga Baterai Laptop dengan Baik

Komponen penting lainnya dalam laptop yang perlu dijaga kesehatannya adalah baterai. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga baterai laptop agar tahan lama, seperti:

  • Hindari membiarkan baterai laptop terlalu kosong atau terlalu penuh. Usahakan untuk mengisi baterai laptop antara 20-80 persen dan hindari pengisian lebih dari 12 jam.
  • Jangan gunakan laptop sambil dicharge terus-menerus. Ini bisa menyebabkan baterai laptop cepat rusak dan melembung. Lepaskan charger laptop ketika baterai sudah terisi penuh dan gunakan daya baterai sampai sekitar 20 persen sebelum mengisi lagi.
  • Jangan gunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Gunakan charger asli atau yang direkomendasikan oleh produsen laptop Anda. Charger yang tidak sesuai bisa menyebabkan tegangan yang tidak stabil dan merusak baterai laptop.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi secara Berkala

Sistem operasi dan aplikasi yang tidak diperbarui bisa menyebabkan laptop menjadi lambat dan rentan terhadap virus atau malware. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dan memperbarui sistem operasi dan aplikasi secara berkala untuk menjaga kinerja dan keamanan laptop Anda. Anda bisa menggunakan fitur update otomatis atau manual sesuai dengan preferensi Anda.

5. Lakukan Scan Antivirus Secara Rutin

10 cara merawat laptop

Virus atau malware bisa merusak data dan komponen laptop Anda jika tidak ditangani dengan cepat. Anda perlu melakukan scan antivirus secara rutin untuk mendeteksi dan menghapus virus atau malware yang mungkin ada di laptop Anda. Anda bisa menggunakan antivirus yang sudah terinstal di laptop Anda atau mengunduh antivirus dari sumber yang terpercaya.

Baca Juga: Apa Efek Radiasi Laptop terhadap Kesehatan Kita?

6. Defrag Hard Disk secara Berkala, 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Hard disk adalah tempat penyimpanan data di laptop Anda. Data yang disimpan di hard disk bisa menjadi terfragmentasi atau terpecah-pecah sehingga menyulitkan proses pembacaan dan penulisan data oleh sistem operasi. Hal ini bisa membuat laptop menjadi lambat dan berisiko rusak. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan defrag hard disk secara berkala untuk menyusun ulang data di hard disk sehingga lebih rapi dan efisien.

7. Upgrade Komponen Laptop Sesuai Kebutuhan

Laptop yang sudah lama digunakan mungkin sudah tidak mampu menangani kebutuhan Anda yang semakin meningkat, seperti multitasking atau menjalankan aplikasi berat. Hal ini bisa membuat laptop menjadi lambat dan sering hang atau crash. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan upgrade komponen laptop sesuai kebutuhan Anda, seperti menambah kapasitas RAM, mengganti hard disk dengan SSD, atau mengganti prosesor dengan yang lebih cepat.

8. Backup Data Penting secara Rutin

Data penting yang tersimpan di laptop Anda bisa hilang atau rusak karena berbagai sebab, seperti virus, kerusakan hard disk, atau kehilangan laptop. Hal ini bisa menyebabkan kerugian yang besar bagi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan backup data penting secara rutin ke media penyimpanan eksternal, seperti flash disk, hard disk eksternal, atau cloud storage. Dengan begitu, Anda bisa mengembalikan data Anda jika terjadi sesuatu dengan laptop Anda.

9. Jaga Laptop dari Benturan dan Cairan, 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Benturan dan cairan bisa merusak laptop Anda secara fisik dan menyebabkan kerusakan internal. Anda perlu menjaga laptop dari benturan dan cairan dengan cara:

  • Jangan meletakkan laptop di tempat yang tidak stabil atau mudah jatuh, seperti di pinggir meja atau di atas bantal.
  • Jangan menaruh benda berat di atas laptop atau menekan layar laptop dengan keras.
  • Jangan membawa laptop tanpa tas pelindung atau case yang sesuai dengan ukuran laptop Anda.
  • Jangan menyimpan atau menggunakan laptop di tempat yang lembab atau basah, seperti di kamar mandi atau di dekat minuman.
  • Jika terkena cairan, segera matikan laptop dan lepaskan baterai dan charger. Lap kering laptop dengan kain lembut dan biarkan mengering secara alami. Tidak disarankan menggunakan pengering rambut atau alat pemanas lainnya.

10. Matikan Laptop Jika Tidak Digunakan dalam Waktu Lama

Laptop yang dibiarkan menyala terus-menerus tanpa digunakan bisa menyebabkan panas berlebih dan mempercepat kerusakan komponen laptop. Anda perlu mematikan laptop jika tidak digunakan dalam waktu lama, seperti saat tidur atau bepergian. Anda juga bisa menggunakan fitur sleep atau hibernate untuk menghemat daya baterai dan mempercepat proses menyala kembali laptop.

Referensi: