Pernahkah Anda mendengar istilah “pembeli adalah raja”? Istilah itu merujuk pada peran seorang pembeli atau pelanggan akan keberhasilan suatu produk. Sukses tidaknya suatu produk di pasaran, bergantung sepenuhnya pada kepuasan pembeli. Jika satu pembeli saja puas, tidak menutup kemungkinan akan datang pembeli-pembeli baru yang akan memberikan keuntungan berlipat.
Kepuasan pembeli bisa diketahui melalui testimoni. Anda bisa mendapatkan testimoni melalui kuesioner atau lembar khusus testimoni setelah mereka membeli produk Anda. Berikut ini alasan kenapa testimoni pembeli sangat penting dalam bisnis Anda.
1. Ajang Promosi Gratis
Testimoni pembeli bisa Anda pasang di situs web atau brosur perusahaan. Melalui testimoni tersebut, calon pembeli bisa mengetahui kelebihan produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak testimoni yang Anda tampilkan, semakin banyak pula calon pembeli yang tertarik dengan produk Anda. Secara tidak langsung, Anda sudah mempromosikan produk Anda melalui testimoni pembeli.
2. Menjaga Kualitas Produk
Testimoni pembeli sangat penting karena setiap masukan, pujian, atau kritikan dari pembeli bisa Anda gunakan sepenuhnya untuk mengembangkan produk atau menjaga kualitas produk agar tetap baik. Jika pembeli memberikan testimoni yang kurang memuaskan, Anda bisa jadikan itu sebagai bahan perbaikan produk.
3. Bahan Evaluasi
Testimoni juga bisa dijadikan bahan untuk mengevaluasi kinerja bisnis Anda. Dalam memberikan testimoninya, seorang pembeli tentu tidak hanya fokus pada produk yang Anda hasilkan, tetapi mereka bisa juga fokus pada strategi marketing yang Anda jalankan. Contohnya, produk yang Anda hasilkan sudah baik, tetapi pihak marketing tidak bisa berlaku ramah pada pembeli. Hal itu bisa memicu testimoni kurang memuaskan lho dari pembeli. Nah, intinya jadikan setiap testimoni itu sebagai bahan evaluasi untuk menghasilkan produk dan pelayanan yang lebih baik.
4. Sumber Pemetaan Pelanggan
Anda bisa menjadikan testimoni sumber pemetaan pelanggan atau pembeli, misalnya mana saja pembeli yang ingin selalu menggunakan produk Anda atau pembeli yang tidak suka dengan produk Anda. Jika Anda bisa memetakan pembeli, Anda tentu lebih mudah untuk menjalankan marketing, yaitu sasaran Anda adalah pembeli-pembeli yang menaruh kepercayaan tinggi pada produk Anda.
Itulah alasan kenapa testimoni pembeli sangat penting dalam bisnis Anda. Umpan balik Anda selaku seorang pengusaha dan pembeli bisa Anda ketahui melalui testimoni pembeli. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dari testimoni-testimoni tersebut di mana tujuan utamanya tentu untuk kemajuan bisnis yang Anda jalankan.
Tentang ProcurA:
Anda pernah dengar istilah software eprocurement? Software eprocurement adalah solusi procurement online yang memudahkan sistem pengadaan barang/jasa di perusahaan jadi lebih mudah. Untuk itulah ProcurA hadir memenuhi kebutuhan software eprocurement Anda. Bila berminat, segera kunjungi situs web kami di sini.
Sumber:
- https://blog.mokapos.com/2015/09/03/6-alasan-mengapa-tanggapan-konsumen-penting-bagi-usaha-anda
- https://zahiraccounting.com/id/blog/pentingnya-testimoni-bisnis-online/
- https://www.progresstech.co.id/blog/testimoni-pembeli/
(EV)