Bagi Anda yang seorang karyawan perusahaan, berada di kantor menghabiskan hampir separuh waktu yang dimiliki dalam satu hari penuh itu sudah biasa. Apalagi jika jarak rumah karyawan dengan tempat kerja cukup jauh, butuh waktu tambahan di perjalanan.
Tempat kerja ibarat rumah kedua, maka sebisa mungkin buatlah suasana kantor nyaman untuk menunjang produktivitas. Tapi terkadang deadline pekerjaan, perbedaan pendapat antar karyawan hingga adanya “kelompok” tertentu memunculkan hubungan yang kurang harmonis. Lalu, bagaimana cara-cara menjalin hubungan dengan rekan kerja supaya tetap baik? Yuk, kita simak sebagai referensi bagi Anda yang membutuhkannya.
1. Senyum, Sapa, dan Salam
Ketiga sikap ini sangat mudah dilakukan. Latih diri Anda untuk bersikap ramah kepada semua rekan kerja, baik di saat jam kerja maupun selesai pekerjaan selesai. Dengan Anda melakukan hal ini, energi positif yang dimiliki bisa menular ke orang lain. Jauhilah memasang wajah galak dan tidak bersahabat, karena menimbulkan kesan menakutkan yang berakibat pandangan negatif.
2. Saling Menghargai Tanpa Melihat Status Karyawan
Tempat kerja menjadi satu wadah bercampurnya manusia dengan latar belakang suku, agama bahkan usia yang berbeda. Jangan hanya melihat lama waktu bekerja, karyawan baru pun memiliki hak yang sama untuk dihargai.
3. Saling Bantu Membantu
Perlu diingat bahwa kondisi tubuh seseorang tidak selamanya selalu sehat. Jika ada rekan kerja terlihat lemas atau pucat, Anda dianjurkan untuk peka dan menawarkan bantuan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan respect karena peduli dengan lingkungan dan teman sekitar.
4. Menjaga Komunikasi
Karakteristik rekan kerja yang satu dengan lain memang berbeda. Anda bisa melakukan penilaian untuk mengenal bagaimana cara komunikasi yang baik dan efektif sesuai karakter masing-masing. Ketahui latar belakang dan budaya masing-masing teman. Sebab, kebiasaan masing-masing orang berbeda sesuai karakteristik masing-masing. Nah, dengan mencari tahu latar belakangnya, Anda bisa menjaga komunikasi tetap berjalan lancar, sesuai dengan kebiasaan mereka.
5. Berkata Jujur
Di dalam kondisi apapun, kejujuran harus dijunjung tinggi. Jika hasil kerja mengecewakan atau terdapat hambatan, tetaplah berkata jujur tentang apa yang terjadi. Berkata bohong dapat menyebabkan rekan kerja tidak mempercayai Anda lagi, suasana di antara kalian pun bisa menjadi dingin.
6. Menjadi Pendengar yang Baik
Setiap manusia memiliki masalah yang dihadapi, baik itu masalah di kantor ataupun masalah pribadi. Jika ada rekan kerja Anda yang meminta bantuan untuk mendengar keluh kesahnya, maka jadilah pendengar yang baik. Hal seperti ini bisa sangat berarti bagi yang merasa tertekan. Perlu diingat, jangan pernah menyampaikan apa yang sudah diceritakan kepada orang lain untuk menjaga integritas dan privasi rekan Anda tersebut.
7. Menjalin Hubungan di Luar Pekerjaan
Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengajak rekan kerja untuk makan bersama. Rencanakan makan bareng kala istirahat atau selepas pulang kerja, semakin banyak orang yang ikut akan semakin terjalin rasa kekeluargaan antar karyawan.
8. Berguyon
Ketika Anda dan rekan kerja merasa suntuk akibat lelah bekerja, cobalah untuk mengeluarkan humor-humor ringan yang sedang “trending”. Tapi tetap harus diingat, buatlah guyonan tanpa harus menyebabkan orang lain merasa tidak nyaman karena melampaui batas.
9. Pemberian Apresiasi
Ingatlah selalu untuk mengucapkan terima kasih dan tolong kepada rekan kerja yang telah membantu pekerjaan Anda, mengungkapkan kesenangan sudah dilibatkan ke dalam sebuah proyek hingga memuji hasil yang sudah didapatkan dari kerja tim. Dengan itu, rekan kerja Anda akan merasa puas dengan pencapaiannya.
Demikian cara-cara menjalin hubungan dengan rekan kerja yang bisa Anda praktikkan di kantor. Lakukanlah dengan tulus tanpa ada unsur paksaan, dengan begitu suasana kantor pun bisa nyaman, produktivitas pun kian meningkat. Semoga berhasil!
About Procura
Procura merupakan perusahaan yang menyediakan jasa solusi eprocurement bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Dengan eprocurement, sistem pengadaan barang jadi lebih simpel, fleksibel, dan hemat tenaga serta biaya. Ingin mendapatkan demo? Segera kunjungi Procura.id.
(MS)