8 Tips Jaga Berat Badan Saat Berpuasa

tips jaga berat badan saat berpuasa. 

Bulan puasa atau bulan suci Ramadan merupakan momen yang ditunggu-tunggu banyak orang terutama umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang hanya datang setahun sekali ini dijadikan kesempatan oleh hampir semua umat muslim untuk beribadah dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Namun, tak jarang selama bulan Ramadan, berat badan malah meningkat dibandingkan hari biasa. Hal ini bisa jadi karena asupan makanan berlebih saat berbuka maupun sahur seperti menyantap goreng-gorengan dan makanan atau minuman manis. Nah, agar berat badan terjaga juga selalu sehat, berikut ini tips jaga berat badan saat berpuasa. 

Tips Jaga Berat Badan Saat Berpuasa

1. Minum Air

Dengan banyak minum air putih, dapat membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Oleh karena itu minum air 8 gelas sehari saat sahur maupun berbuka adalah cara terbaik untuk tetap fit dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Selain itu, minum air putih juga mampu mengurangi masuknya asam dalam tubuh yang disebabkan karena puasa sepanjang hari.

2. Tips Jaga Berat Badan Saat Berpuasa, Atur Pola Makan 

Setelah seharian berpuasa  menahan lapar dan haus, momen berbuka adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tak jarang, banyak orang kalap menyiapkan makanan berbuka. Mulai dari gorengan, minuman manis, hingga makanan berlemak dengan porsi besar. Gantilah pola makan tersebut dengan banyak mengonsumi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, salad, dan sup sayuran yang akan membuat perut kenyang lebih lama namun tetap rendah kalori. Jika teratur dilakukan selama bulan puasa, tentu berat badan akan terjaga. 

3. Perhatikan Porsi Makan

tips jaga berat badan saat berpuasa. 

Hindari makan makanan berlebih saat berbuka dan sahur agar berat badan terjaga. Meskipun, dalam praktiknya sedikit kesulitan mengingat seharian tidak makan dan minum, Anda bisa mencoba dengan makan dalam porsi kecil sehingga tak menyebabkan pertambahan berat badan berlebih. 

4. Jangan Konsumsi Jus Kemasan

Banyak orang memilih minuman manis untuk memuaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Contoh minuman manis yang sering dibeli saat bulan puasa adalah kolak, dawet, hingga jus kemasan instan. Padahal jus kemasan mengandung tinggi gula dan biin perut kembung. Kalori yang hilang setelah berpuasa seharian malah bertambah setelah berbuka akibat mengonsumsi minuman tinggi gula. Oleh karena itu, lebih baik memilih jus yang baru diekstraksi karena mengandung jumlah nutrisi, gula, dan serat yang tepat yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Tips Jaga Berat Badan Saat Berpuasa, Pilih Jenis Makanan dengan Bijak 

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kenaikan berat badan terjadi selama bulan Ramadan. Sehingga, cara terbaik untuk menghindari kenaikan berat badan ialah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, sayuran segar, dan tepung multigrain.

6. Gunakan Cara Memasak yang Sehat 

Tips jaga berat badan saat berpuasa lainnya ialah k mengurangi kandungan kalori dalam makanan dengan memilih cara memasak yang sehat.Banyak orang di seluruh dunia menyiapkan hidangan daging yang digoreng dan kaya rasa untuk berbuka puasa dan ini menyebabkan penambahan berat badan. Jadi, menggunakan cara memasak lain seperti memanggang, mengukus, merebus, dapat membantu mengurangi jumlah kalori makanan yang Anda makan.

7. Olahraga Teratur

Freepik.com

Menjalani puasa tanpa makan atau minum, tak pelak membuat tubuh lemas. Maka dari itu, menyempatkan diri untuk berolahraga selama 15-30 menit sehari dapat membantu meningkatkan kebugaran sekaligus cara terbaik menjaga berat badan selama puasa. Anda bisa berolahraga ringan seperti jalan kaki ke masjid usai berbuka. 

8. Nikmati Prosesnya

Setelah melakukan tips-tips di atas, jangan sampai lupa bahwa bulan puasa hanya datang setahun sekali jadi nikmatilah kemeriahannya dan lakukan banyak aktivitas menyenangkan. Fokus bersilaturahmi dengan banyak orang, kunyah makanan dengan perlahan, dan berhentilah sebelum kekenyangan. 

Nah, itulah 7 tips jaga berat badan saat berpuasa. Apakah Anda ingin mencoba tips-tips di atas?

Referensi: