Mau Pemasukan Lancar? Ini 5 Tips Kerja Sama Awet dengan Klien!

Membangun sebuah perusahaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu berusaha dari nol, jatuh bangun dalam prosesnya  pun harus dilalui. Jiwa pengusaha adalah jiwa yang tidak mudah menyerah.

Ada banyak hal yang harus Anda jaga, terutama mengenai keharmonisasian dalam sebuah usaha, baik keharmonisan dalam hubungan Anda dengan karyawan, supplier, sponsor maupun klien.

Banyak hal pula yang dilakukan perusahaan agar hubungan kerja sama dengan klien tidak putus, demi keberlangsungan sebuah perusahaan supaya tetap dipercaya.

Nah, kali ini ProcurA Blog akan memberikan beberapa tips kerja sama awet dengan klien yang bisa Anda terapkan.

1. Memerhatikan Kebutuhan Klien

Tanyakan apa yang jadi kebutuhan klien perusahaan Anda. Dengarkan apa yang klien mau. Bersikap ramahlah  dan jadi pendengar yang baik ketika klien menyampaikan apa yang mereka butuhkan. Kritik dan saran dari klien pun harus Anda terima sebagai bahan evaluasi dalam perusahaan, supaya Anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan Anda dan sejauh mana hubungan baik yang sedang Anda bina dengan klien tersebut.

2. Konsisten

Sekalipun perusahaan sedang mengalami masa surut, konsistensi tetap harus dijaga agar kerja sama tetap awet dengan klien. Salah satu bentuk konsisten yang dapat Anda terapkan adalah usahakan datang tepat waktu setiap kali diminta bertemu dengan klien dan merespon dengan cepat setelah mendapat permintaan harga dari klien dengan memberikan surat penawaran dari perusahaan Anda.

Dalam bersikap terhadap klien pun harus perlu konsisten dan tidak dibuat-buat. Ingat apabila Anda memiliki masalah pribadi, Anda tidak boleh membawa urusan pribadi tersebut dalam dunia kerja apalagi sampai bersikap emosional pada klien.

3. Bersikap Jujur

Pelajari dengan baik keunggulan yang dimiliki produk Anda dan sampaikan secara jujur mengenai kelebihan dan kekurangan produk Anda. Kejujuran adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjalin kerja sama awet dengan klien. Tidak perlu menjatuhkan atau menjelek- jelekkan produk pesaing karena hal ini justru dapat membuat Anda kehilangan klien.

4. Membuat Acara Kantor

Tips kerja sama awet dengan klien lainnya adalah dengan sering berkumpul bersama. Membuat acara kantor tidak hanya untuk karyawan kantor sendiri. Anda bisa juga mengundang klien untuk ikut bergabung. Dengan cara yang satu ini, Anda jadi bisa kenal lebih dekat dengan klien.

Saat acara nanti, buatlah kuis-kuis menarik agar acara makin berkesan. Misalnya dengan mengadakan doorprize atau pemberian hadiah eksklusif lainnya. Selain bisa lebih dekat dan membuat klien senang, Anda pun jadi punya hiburan  di tengah sibuknya pekerjaan.

5. Berikan Rewards

Nah, tips kerja sama awet dengan klien yang terakhir adalah berikan klien penghargaan atau rewards. Misalnya berupa bonus atau potongan harga yang lumayan memikat klien.

Dengan memberikan rewards, Anda menjaga klien agar tidak pindah ke produk lain. Di lain sisi, rewards bisa digunakan sebagai ungkapan terima kasih karena telah dipercaya klien.


Itu dia beberapa tips kerja sama awet dengan klien yang bisa ProcurA Blog berikan. Silakan dicoba dan mudah-mudahan kerja sama Anda bertahan lama, ya! Bagi Anda yang perusahaannya membutuhkan solusi e-procurement profesional, andal, dan mudah, segera kunjungi situs web ProcurA!

BACA JUGA:

5 Kesalahan Umum Purchase Order yang Harus Dihindari

(LH)