Manfaat Supply Chain Management Berbasis Cloud

Supply chain management (SCM) adalah suatu konsep yang mengintegrasikan semua aktivitas yang terkait dengan aliran barang atau jasa dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir. SCM bertujuan untuk mengkoordinasikan penawaran dan permintaan secara efisien dan efektif dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin muncul dalam rantai pasokan. 

SCM juga memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola informasi, material, dan layanan yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi produk. SCM merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Berikut ini penjelasan tentang manfaat supply chain management berbasis cloud. 

Baca Juga: Inilah 3 Jenis Cloud Computing berdasarkan Layanannya!

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan Anda menyimpan, mengakses, dan mengolah data dengan mudah melalui internet. Anda tidak perlu menginstal aplikasi atau menyimpan data di hard disk lokal, karena semua proses dilakukan di server jarak jauh yang disebut cloud.

Cloud computing memiliki berbagai jenis dan fungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik individu maupun organisasi. Berikut ini adalah beberapa contoh cloud computing yang umum digunakan:

  • Software-as-a-Service (SaaS): Layanan cloud computing yang menyediakan aplikasi perangkat lunak yang bisa diakses melalui browser web atau API. Contohnya adalah Google Docs, Gmail, Zoom, Spotify, dan Netflix.
  • Infrastructure-as-a-Service (IaaS): Layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur IT seperti server, storage, jaringan, dan sistem operasi yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Contohnya Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Platform (GCP), dan Microsoft Azure.
  • Platform-as-a-Service (PaaS): Layanan cloud computing yang menyediakan platform pengembangan aplikasi yang terdiri dari bahasa pemrograman, framework, library, database, dan tool yang dibutuhkan. Contohnya adalah Heroku, Firebase, dan GitHub.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Supply Chain Management Berbasis Cloud

Salah satu teknologi yang dapat mendukung SCM adalah cloud computing. Cloud computing adalah model komputasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya komputasi melalui internet tanpa perlu memiliki infrastruktur fisik sendiri.Cloud computing menawarkan berbagai manfaat bagi SCM, antara lain:

1. Fleksibilitas

Salah satu manfaat cloud computing ialah memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kapasitas dan fungsi sumber daya komputasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berubah-ubah. Pengguna dapat menambah atau mengurangi sumber daya komputasi dengan cepat dan mudah tanpa perlu menginvestasikan modal besar untuk membeli atau menyewa perangkat keras atau perangkat lunak.

2. Skalabilitas

Selain itu, cloud computing juga dapat menangani lonjakan permintaan atau penurunan aktivitas dengan baik tanpa mengganggu kinerja sistem. Pengguna dapat memanfaatkan sumber daya komputasi yang tersedia di cloud secara bersama-sama dengan pengguna lain, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.

3. Kolaborasi

Manfaat lainnya dari cloud computing yakni memfasilitasi kolaborasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam SCM, seperti pemasok, produsen, distributor, dan pelanggan. Pengguna dapat berbagi data, informasi, dan aplikasi melalui cloud dengan mudah dan aman, sehingga meningkatkan transparansi, akurasi, dan kecepatan proses SCM.

4. Integrasi

Cloud computing mengintegrasi antara berbagai sistem dan platform yang digunakan dalam SCM, seperti sistem ERP, CRM, WMS, TMS, dan lainnya. Pengguna dapat mengakses dan mengelola data dan informasi dari berbagai sumber melalui satu antarmuka yang konsisten dan terpadu, sehingga meningkatkan efektivitas dan produktivitas SCM

5. Inovasi

Cloud computing memberikan akses ke teknologi-teknologi terbaru dan tercanggih yang dapat mendukung inovasi dalam SCM, seperti big data analytics, artificial intelligence, machine learning, internet of things, blockchain, dan lainnya. Pengguna dapat menganalisis data dan informasi dari berbagai sumber dengan lebih mendalam dan akurat, serta menghasilkan solusi-solusi kreatif dan optimal untuk meningkatkan kinerja SCM.

Dengan demikian, cloud computing merupakan teknologi yang dapat memberikan manfaat-manfaat signifikan bagi SCM. Dengan menggunakan cloud computing, pengguna dapat meningkatkan fleksibilitas, skalabilitas, kolaborasi, integrasi, dan inovasi dalam SCM, serta mengurangi biaya dan risiko operasional. Oleh karena itu, cloud computing merupakan salah satu faktor kunci untuk mencapai supply chain management yang berbasis cloud.

Referensi:

https://una.com/resources/article/benefits-of-cloud-based-supply-chain-management/

https://www.realvnc.com/en/blog/benefits-using-cloud-computing-supply-chain-management/

https://www.enterprisenetworkingplanet.com/data-center/cloud-computing-supply-chain/