4 Alasan Mengapa Keinginan Pelanggan Harus Ditanggapi!

Alasan Kenapa Keinginan Pelanggan Harus Ditanggapi 1

Alasan Kenapa Keinginan Pelanggan Harus Ditanggapi 1

Pernahkah Anda membaca istilah “usaha tidak mengkhianati hasil”? Bagaimana jika Anda sudah berusaha lalu hasilnya tidak sepadan dengan usaha yang Anda lakukan? Hal itu tentu wajar saja terlebih jika Anda bergerak di bidang bisnis. 

Membangun bisnis hingga jenjang dikenal oleh masyarakat luas itu bukan perkara mudah. Dibutuhkan kerja keras, disiplin, ulet, dan kesabaran. Membahas masalah bisnis, tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat sebagai calon pelanggan. 

Sebagai pelanggan, masyarakat tentu ingin mendapatkan layanan terbaik agar bisnis yang Anda jalankan bisa tetap bertahan dan berkembang. Jika pelanggan mendapatkan layanan barang/jasa yang tidak sesuai dengan keinginan mereka, biasanya mereka akan komplain. 

Menyikapi hal itu, Anda sebagai pemilik bisnis harus mampu menanggapi setiap komplain pelanggan. Memangnya harus selalu ditanggapi, ya? Inilah 4 alasan mengapa keinginan pelanggan harus ditanggapi. Check this out!

1. Kepuasan Pelanggan adalah Reputasi Bisnis

Tujuan utama Anda melakukan bisnis tentu untuk mendapatkan keuntungan, kan? Darimana keuntungan itu didapatkan? Tentu dari klien atau pelanggan. Jika perusahaan Anda tidak pernah menanggapi komplain atau keinginan pelanggan, semakin lama pelanggan Anda akan semakin berkurang. 

Hal itu karena keinginan mereka untuk dilayani dengan baik belum berhasil dipenuhi. Bisa jadi mereka mencari perusahaan lain untuk memenuhi keinginan tersebut.

Baca Juga: Alasan Kenapa Testimoni Pembeli Sangat Penting dalam Bisnis Anda

2. Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa

Keinginan pelanggan merupakan salah satu indikator yang bisa dijadikan referensi akan kekurangan atau kelebihan produk. Misalnya saja perusahaan Anda membuat produk A, sedangkan banyak pelanggan yang menginginkan produk Anda A+. 

Secara otomatis, produk terbaik yang harus Anda produksi adalah A+. Jika Anda tetap memproduksi A, perusahaan akan ditinggalkan oleh pelanggan. Itulah sebabnya keinginan pelanggan bisa meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan.

3. Menciptakan Pengalaman yang Menyenangkan bagi Pelanggan

Pelanggan adalah raja, itulah prinsip dasar bisnis yang harus diutamakan. Pelanggan akan datang kembali untuk membeli produk perusahaan Anda jika mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, misalnya disambut dengan senyuman, keramahan, cekatan, dan sebagainya. 

Jika suatu saat mereka kurang puas dengan pelayanan perusahaan Anda, segeralah tanggapi dan berikan pengertian. Sejatinya, Anda menciptakan produk yang dibutuhkan pelanggan, bukan yang dibutuhkan perusahaan.

Baca Juga: Inilah 5 Langkah dalam Growth Hacking yang Harus Anda Ketahui!

4. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tentu dibentuk dari perlakuan perusahaan terhadap pelanggan itu sendiri. Semakin baik pelayanan, semakin loyal pelanggan. Semakin acuh terhadap pelanggan, semakin menyesal pelanggan memilih perusahaan Anda. 

Saat pelanggan mengajukan komplain, berikan jawaban yang melebihi ekspektasi pelanggan. Dengan demikian, loyalitas pelanggan bisa terus dijaga.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Kenapa Bisnis Harus Punya Website!

Itulah 4 alasan mengapa keinginan pelanggan harus ditanggapi. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus selalu bijak dalam mengambil keputusan, baik untuk kepentingan perusahaan maupun pelanggan. Semaksimal apapun kerja perusahaan, tidak akan ada artinya jika tidak mendapatkan pelanggan. Keselarasan itu perlu dibangun akan kedua belah pihak bisa diuntungkan bersama. Selamat Hari Pelanggan Nasional!

Tentang ProcurA:

ProcurA merupakan perusahaan penyedia jasa e-procurement terpercaya untuk perusahaan Anda. Apabila Anda masih menggunakan proses procurement konvensional, saat ini sudah waktunya untuk beralih ke software e-procurement. Melalui e-procurement, proses jual beli barang perusahaan bisa lebih transparan, efisien, cepat, dan hemat. Klik di sini untuk info lebih lanjut mengenai ProcurA.

Sumber:

(EV)