Apa Itu Procurement Manager?

procurement manager

Source: Minervastudio from Pexels

Di sebuah perusahaan, procurement umumnya ditemukan di bagian keuangan atau logistik. Padahal, keberadaan procurement manager penting untuk mengatur pengadaan barang di perusahaan.

Perusahaan seringkali menerima banyak permintaan dari pemasok. Untuk memberikan layanan, tim akan mengelola berbagai data pemasok dan mengembangkan strategi pembelian yang memenuhi persyaratan anggaran dan operasional.

Menurut penelitian dari Science Warehouse 2014, ada peningkatan kepercayaan pada perusahaan yang menggunakan sektor procurement. Dari 260 perusahaan yang disurvei di seluruh dunia, 43% berencana berinvestasi dalam pelatihan staf sepanjang periode tersebut.

Angka ini meningkat satu perlima dibandingkan tahun sebelumnya. Tujuan utama dibentuknya departemen procurement termasuk di dalamnya agar kinerja perusahaan menjadi lebih strategis dan sebagai usaha mengurangi biaya.

Apa Itu Procurement Manager?

procurement managerSource: Snapwire from Pexels

Procurement manager adalah posisi manajemen tingkat menengah atau senior yang dirancang untuk memastikan perusahaan dan stafnya mematuhi strategi pembelian barang dan jasa tertentu. Pendekatan ini akan membantu menjaga konsistensi waktu serta biaya perusahaan.

Manajer procurement umumnya dapat mengelola tim yang masing-masing bertanggung jawab untuk pengadaan di bidang-bidang tertentu, seperti alat tulis, perjalanan, akomodasi, dan stok untuk skala operasi tertentu.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Kinerja Divisi Procurement

Kepada Siapa Procurement Manager Melapor?

procurement managerSource: Lukas from Pexels

Manajer procurement dapat bertanggungjawab pada bagian tim keuangan dan melapor kepada kepala keuangan atau setingkatnya. Dalam tim logistik, manajer procurement dapat melapor kepada direktur operasi.

Apa Tanggung Jawab Manajer Procurement?

procurement managerSource: Moose Photos from Pexels

Manajer procurement bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki strategi yang sangat jelas ketika membeli barang dan jasa. Manajer procurement dapat menetapkan kebijakan untuk pembelian dan mempertimbangkan anggaran, persyaratan stok, dan keterampilan yang diperlukan.

Bagi banyak perusahaan, biaya adalah faktor kunci dalam keputusan pembelian, sehingga manajer procurement akan memastikan pemasok mengetahui hal ini.

Perusahaan juga seringkali memerlukan pemasok yang memenuhi standar khusus seperti akreditasi ISO atau tingkat asuransi tertentu. Manajer procurement akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pemasok memenuhi persyaratan ini.

Baca Juga: 7 Langkah dalam Proses Procurement

Apa yang Dikerjakan Procurement Manager Setiap Hari?

procurement managerSource: Suzy Hazelwood from Pexels

Dalam hari-hari biasa, manajer procurement akan lebih banyak berkomunikasi pada bidang keuangan dan operasional untuk memahami masalah yang memengaruhi perusahaan. Manajer procurement mungkin juga mengerjakan tender yang akan datang. Namun, pada dasarnya, manajer procurement menangani pertanyaan dari pemasok potensial dan menerima feedback dari tim operasional dan keuangan.

Keterampilan Apa yang Dibutuhkan Manajer Procurement?

procurement managerSource: Moose Photos from Pexels

Sebagai manajer procurement, Anda akan memerlukan keterampilan interpersonal yang kuat dengan kemampuan bernegosiasi saat Anda berusaha mencapai harga terbaik dari pemasok. Anda juga akan membutuhkan kemampuan untuk mengelola aspek keuangan dari peran tersebut dan memahami proses manajemen anggaran.

Peran tersebut akan mencakup aspek peramalan kegiatan bisnis di masa depan. Oleh karena itu, pemegang tanggung jawab akan membutuhkan pemahaman komersial yang menyeluruh dan kemampuan untuk merencanakan dan memperkirakan permintaan.

Akhirnya, jika Anda memiliki tanggung jawab dalam tim procurement, Anda harus memiliki keterampilan dalam bidang manajemen, pendelegasian, dan teknik motivasi.

Kualifikasi Apa yang Dibutuhkan oleh Pemula untuk Bisa Menjadi Procurement Manager?

procurement managerSource: Lukas from Pexels

Tidak seperti banyak departemen lain dalam perusahaan, tidak ada persyaratan khusus untuk bisa menjadi procurement manager. Peran pekerja pada entry level mencakup purchase assistant, junior purchase, asisten keuangan, atau asisten procurement. Latar belakang gelar yang relevan ke posisi tersebut dapat mencakup bisnis dan manajemen, manajemen proyek, atau matematika.

Baca juga: Apa Peran Procurement Analyst?

Seperti Apa Jenjang Karier untuk Procurement Manager?

procurement managerSource: Lukas from Pexels

Seorang manajer procurement di sebuah organisasi besar mungkin memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai purchase head atau direktur di bidang procurement dan purchase. Dalam perusahaan yang sedang berkembang, pekerjaan bisa dialihtugaskan kepada direktur operasional atau direktur keuangan.

Bagi orang-orang yang memiliki latar belakang sektor yang sangat spesifik di bidang-bidang seperti IT dan teknik, banyak posisi yang cocok untuk jenjang karier, bahkan dapat mencakup wirausaha dan konsultasi.

Tentang ProcurA

Selain mempekerjakan procurement manager, menggunakan software e-procurement seperti ProcurA juga bisa membantu perusahaan dalam mengatur pengadaan barang. Tertarik mencari tahu lebih banyak tentang software procurement lengkap yang kami tawarkan? Kunjungi situs kami di sini.