Apa Itu Supplier Relationship Management (SRM)?

Supplier Relationship Management (SRM) merupakan hal penting yang perlu dipelajari dan diterapkan oleh setiap perusahaan yang ingin sukses dalam bisnisnya. Namun, apa itu Supplier Relationship Management (SRM)? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

Apa Itu Supplier Relationship Management (SRM)?

SRM adalah proses mengelola hubungan antara perusahaan dengan pemasoknya. SRM bertujuan untuk menciptakan kemitraan strategis yang saling menguntungkan, meningkatkan kinerja dan efisiensi, serta mengurangi risiko dan biaya.

Fungsi SRM dalam Perusahaan

  • Membantu perusahaan dalam menentukan strategi pengadaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnisnya.
  • Membantu perusahaan dalam memilih, mengevaluasi, dan mengembangkan pemasok yang dapat memberikan produk atau jasa yang berkualitas, tepat waktu, dan efisien.
  • Membantu perusahaan dalam melakukan negosiasi, kontrak, dan pembayaran dengan pemasok secara transparan dan adil.
  • Membantu perusahaan dalam mengelola risiko, kinerja, dan kepuasan pemasok secara sistematis dan berkelanjutan.
  • Membantu perusahaan dalam meningkatkan kolaborasi, komunikasi, dan inovasi dengan pemasok untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: Bagaimana ERP Mengoptimalkan Proses Procurement?

Apa Itu Supplier Relationship Management dan Manfaatnya

1. Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pemasok

Dengan SRM, perusahaan dapat membangun komunikasi yang baik, saling menghargai, dan berbagi informasi dengan pemasoknya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kerjasama antara kedua belah pihak, sehingga pemasok merasa dihargai dan puas dengan hubungan yang terjalin.

2. Menurunkan Biaya dan Risiko

SRM membantu perusahaan untuk menegosiasikan harga, syarat, dan kondisi yang lebih baik dengan pemasoknya. Selain itu, SRM juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko yang terkait dengan ketersediaan, kualitas, dan kepatuhan pemasok. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi dalam proses pengadaan.

3. Meningkatkan Inovasi dan Nilai Tambah

SRM juga mendorong pemasoknya untuk berinovasi dan memberikan solusi yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan juga dapat memanfaatkan pengetahuan, teknologi, dan sumber daya yang dimiliki oleh pemasoknya untuk menciptakan nilai tambah bagi produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Meningkatkan Kinerja dan Kompetitifitas

SRM dapat meningkatkan kinerja dan kompetitifitas dalam pasar yang semakin kompetitif. Dengan SRM, perusahaan dapat memilih pemasok yang terbaik, meningkatkan kualitas produk atau layanan, menurunkan waktu siklus pengadaan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

SRM bisa jadi sebuah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan hubungan dengan pemasoknya. Dengan SRM, perusahaan dapat memperoleh berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kinerja, kualitas, efisiensi, inovasi, dan kompetitifitas dalam bisnisnya.

SRM memerlukan komitmen dan kerjasama dari kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pemasok. SRM juga memerlukan investasi waktu, uang, dan sumber daya untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat. Oleh karena itu, SRM harus dilakukan secara selektif dan strategis, dengan mempertimbangkan nilai tambah, potensi, dan risiko dari setiap pemasok.

Baca Juga: Bagaimana Teknologi Memudahkan Proses Procurement Anda?

Alasan Mengapa Supplier Relationship Management (SRM) Penting untuk Perusahaan

Tujuan adanya SRM di perusahaan ialah untuk mengelola hubungan dengan pemasok secara efektif dan mengoptimalkan kinerja mereka. SRM sangat penting dalam membangun hubungan kolaboratif dengan pemasok, mendorong inovasi, dan mencapai nilai jangka panjang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa SRM penting:

  • SRM dapat mendorong inovasi dengan memberikan insentif dan peluang bagi pemasok untuk berbagi ide, pengetahuan, dan teknologi baru yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. 
  • SRM mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang pasar baru yang muncul dari inovasi pemasok.
  • SRM dapat mencapai nilai jangka panjang dengan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas perusahaan melalui pengurangan biaya, peningkatan pendapatan, dan mitigasi risiko. 
  • SRM juga dapat membantu perusahaan membangun reputasi dan loyalitas pelanggan yang baik melalui penyediaan produk atau jasa yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, SRM bisa jadi salah satu kunci dalam menciptakan keunggulan bersaing dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Perusahaan yang menerapkan SRM secara efektif dapat memanfaatkan potensi penuh dari pemasok mereka dan menciptakan nilai bersama yang saling menguntungkan.

Referensi: