Apa Perbedaan Pengadaan dan Pembelian?

Pengadaan dan pembelian adalah dua istilah yang sering digunakan dalam konteks manajemen barang dan jasa. Namun, apakah Anda tahu perbedaan antara keduanya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara singkat apa itu pengadaan dan pembelian, serta apa perbedaan pengadaan dan pembelian?

Pengertian Pengadaan

Supply Chain dan Logistik

Pengadaan adalah salah satu aktivitas penting dalam perusahaan yang berhubungan dengan penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan untuk menjalankan operasional dan mencapai tujuan perusahaan. Pengadaan harus dilakukan dengan cara yang rasional, analitis, logis, sistematis, dan sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Pengadaan juga harus mengikuti standar dan prosedur yang baku agar dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas, tepat waktu, dan efisien.

Jenis-jenis Pengadaan dalam Perusahaan

1. Pengadaan internal dan eksternal

Pengadaan internal adalah pengadaan yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya yang ada di dalam perusahaan, seperti bahan baku, mesin, tenaga kerja, dan lain-lain. Pengadaan eksternal adalah pengadaan yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya yang berasal dari luar perusahaan, seperti pemasok, vendor, konsultan, dan lain-lain.

2. Pengadaan barang dan jasa

Pengadaan barang adalah pengadaan yang berfokus pada penyediaan produk fisik yang dapat dilihat, diraba, dan diukur, seperti komputer, mebel, alat tulis, dan lain-lain. Pengadaan jasa adalah pengadaan yang berfokus pada penyediaan produk non-fisik yang tidak dapat dilihat, diraba, dan diukur, tetapi dapat dirasakan manfaatnya, seperti layanan kesehatan, pendidikan, keamanan, dan lain-lain.

Baca Juga: Perbedaan eCommerce dan eProcurement

3. Pengadaan langsung dan tidak langsung

Pengadaan langsung adalah pengadaan yang dilakukan dengan cara memilih satu pemasok atau penyedia jasa tanpa melalui proses persaingan atau lelang. Pengadaan langsung biasanya dilakukan untuk kebutuhan mendesak atau darurat, atau untuk barang dan jasa yang bersifat khusus atau unik. Pengadaan tidak langsung adalah pengadaan yang dilakukan dengan cara membuka kesempatan bagi beberapa pemasok atau penyedia jasa untuk bersaing atau mengikuti lelang. Pengadaan tidak langsung biasanya dilakukan untuk kebutuhan rutin atau umum, atau untuk barang dan jasa yang bersifat standar atau komoditas.

4. Pengadaan skala kecil dan skala besar

Pengadaan skala kecil adalah pengadaan yang dilakukan dengan nilai atau volume yang rendah atau terbatas. Pengadaan skala kecil biasanya lebih mudah dan cepat dilakukan karena tidak memerlukan banyak persyaratan atau dokumen. Pengadaan skala besar adalah pengadaan yang dilakukan dengan nilai atau volume yang tinggi atau luas. Pengadaan skala besar biasanya lebih sulit dan lama dilakukan karena memerlukan banyak persyaratan atau dokumen.

Pengertian Pembelian

Sumber: freepik.com

Pembelian adalah salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya. Tanpa pembelian, perusahaan tidak akan memiliki bahan baku, barang modal, atau barang jadi yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pembelian yang efektif dan efisien untuk mengelola proses pengadaan barang.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelian dalam perusahaan memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Memastikan ketersediaan barang yang dibutuhkan oleh perusahaan sesuai dengan permintaan pasar.
  • Menjaga kualitas barang yang dibeli sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Mencari sumber pemasok yang terpercaya, berkualitas, dan bersaing dalam hal harga dan layanan.
  • Menghemat biaya operasional perusahaan dengan melakukan negosiasi harga, diskon, kredit, dan syarat pembayaran yang menguntungkan.
  • Mencatat dan melaporkan transaksi pembelian secara akurat dan tepat waktu.

Baca Juga: Perbedaan Procure to Pay dan Secure to Pay

Apa Perbedaan Pengadaan dan Pembelian?

Seperti yang dijelaskan di atas, pengadaan dan pembelian adalah dua istilah yang sering digunakan dalam konteks manajemen barang dan jasa. Lantas, apa saja perbedaan pengadaan dan pembelian?

  • Pengadaan lebih luas daripada pembelian, karena mencakup seluruh aktivitas yang terkait dengan penyediaan barang dan jasa, sedangkan pembelian hanya fokus pada aktivitas pembayaran dan penerimaan.
  • Pengadaan lebih strategis daripada pembelian, karena melibatkan analisis kebutuhan, pemilihan pemasok, negosiasi kontrak, dan pengawasan kinerja, sedangkan pembelian lebih operasional dan rutin.
  • Pengadaan lebih kompleks daripada pembelian, karena melibatkan banyak pihak, prosedur, dokumen, dan risiko, sedangkan pembelian lebih sederhana dan langsung.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan pengadaan dan pembelian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami lebih lanjut tentang topik ini.

Referensi: