Pernahkah perusahaan Anda merasakan pengeluaran biaya yang berlebihan hingga terjadi minus? Ayo, segera lakukan audit laporan keuangan kantor Anda. Mengapa bisa terjadi demikian?
Banyak faktor yang membuat pengeluaran kantor melonjak, salah satunya biaya operasional sehari-hari. Biaya operasional yang tinggi tidak berbanding lurus dengan pendapatan yang diterima, menimbulkan kerugian.
Baca Juga: Apa Saja dan Bagaimana Proses dalam Purchasing?
Anda dapat melakukan penurunan biaya operasional (reduce cost) untuk mengantisipasi terulang kembali kerugian-kerugian yang muncul. Ada beberapa tips mengurangi biaya operasional perusahaan untuk Anda. Mari kita simak.
1. Pemanfaatan Kertas Bekas
Tips mengurangi biaya operasional perusahaan yang pertama adalah dengan memanfaatkan kertas bekas. Kita bisa menggunakan kertas bekas untuk mencetak dokumen perusahaan yang masih berbentuk draft.
Mengingat efisiensi juga diperlukan dalam perusahaan. Pemanfaatan teknologi juga dapat direalisasikan dengan gerakan paperless, sehingga setiap dokumen draft dapat dalam bentuk soft file yang dengan mudah didistribusikan kepada karyawan lain.
2. Meminimalisir Penggunaan Listrik dan Air
Tips mengurangi biaya operasional perusahaan yang kedua adalah dengan cara berhemat. Dimulai dari pengecekan biaya listrik dan air, jika dirasakan biaya tersebut dapat ditekan, segera mulai kampanye hemat listrik dan air di perusahaan Anda.
Mematikan aliran listrik untuk barang yang tidak digunakan, seperti AC di ruang arsip, mencabut charger HP jika sudah tidak digunakan, dan masih banyak lagi hal lainnya.
Dalam penggunaan air, periksa keran, pipa atau saluran air untuk mencari adanya kebocoran air agar bisa mengantisipasi penggantian keran air supaya tidak banyak air terbuang.
Baca Juga: Ingin Wawasan Luas? Simak Pengertian Procurement dari Para Ahli Ini!
3. Mengurangi Training yang Tidak Berguna
Sebenarnya mengadakan pelatihan karyawan merupakan kegiatan untuk menambah skill karyawan agar lebih profesional dan meningkatkan kinerja. Namun, apabila dalam keadaan mendesak, kurangi saja kegiatan tersebut.
Perusahaan tetap bisa memberikan pelatihan secara internal dan berkualitas atau bisa juga dengan pemberian motivasi dari karyawan yang kompeten untuk memberi arahan ke karyawan lain.
4. Mengevaluasi Pemakaian Kendaraan Operasional
Anda dapat meminta data kepada penanggungjawab kendaraan operasional kantor mengenai tujuan pemakaian, siapa yang menggunakan, kapan, dan tempat tujuan.
Mengapa diperlukan rincian? Karena semakin sering digunakan, semakin banyak biaya yang keluar, seperti biaya bahan bakar dan tol, biaya perawatan dan perbaikan kendaraan.
Baca Juga: Inilah Beberapa Keuntungan Menggunakan e-Procurement
Sekian tips mengurangi biaya operasional perusahaan dari ProcurA Blog. Nah, dari penjelasan tersebut, apakah sudah terpikirkan oleh Anda yang ingin mengurangi biaya pengeluaran perusahaan? Semoga berhasil, ya!
Tentang ProcurA:
ProcurA merupakan penyedia jasa software eProcurement yang memberikan kemudahan untuk pengadaan barang dan jasa di perusahaan Anda. Bagi Anda yang membutuhkan solusi eProcurement profesional, cepat, dan terpercaya, Anda bisa mengunjungi situs web ProcurA atau klik gambar di bawah untuk demo.
Sumber:
- https://www.duniakaryawan.com/menurunkan-biaya-operasional/
- https://sleekr.co/blog/cara-cerdas-menurunkan-biaya-operasional/
(MS)